Tentang Musik di Kehidupan Saya

Selamat beraktivitas para sahabat Noteboll sekalian,

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, penuh dengan berbagai keanekaragaman budaya yang berasal dari ratusan suku di Indonesia. Dari berbagai macam budaya tersebut, ada yang berupa tarian daerah, lagu daerah, dan juga alat musik daerah yang khas dari masing masing suku tersebut.

Berdasarkan fakta tersebut, dapat kita yakini bahwa bangsa kita adalah bangsa yang telah mengenal musik sejak zaman dahulu. Jadi apabila bayak anak negeri yang mencurahkkan akal dan kreatifitasnya di bidang musik  hal itu adalah sebuah hal yang sangat wajar apabila dilihat dari sisi historis atau sejarah.
Ngobrol ngobol tentang musik  sampai saat ini telah banyak musisi hebat dari negeri ini yang tersohor dengan genre musik yang berbeda beda. Di genre dangdut, siapa yang tidak mengenal Bang Haji Rhoma Irama, Elvie Sukaesih dan Mansyur S. Di genre rock, siapa yang tidak mengenal Boomerang, Pas Band dan Jamrud. Di genre ska, siapa yang nggak kenal Tipe – X. Di genre Reggae, siapa yang nggak kenal Mbah Surip dan Toni Q Rastafara. Dan masih banyak lagi musisi hebat di genre musik lainnya.

Musik di Indonesia memang sangat variatif. Banyak genre musik yang bisa beradaptasi dan berkembang di sini. Hal tersebut dikarenakan di Indonesia banyak sekali penikmat musik  baik yang bersifat fanatis maupun penikmat musik yang bisaa biasa saja. Dengan banyaknya penikmat musik itulah, perkembangan musik di Indonesia menjadi lebih maju di jaman modern seperti sekarang.

Saya akui, bahwa diri saya adalah seorang penikmat musik yang bisaa biasa saja. Karena telinga saya cocok dengan berbagai genre musik  Mendengar musik pop bagus, musik reggae oke, musik rock juga oke, bahkan musik dangdut koplo pun bisa membuat saya bergoyang. Karena menurut saya musik itu tidak dilihat dari genrenya. Melainkan musik itu harus bisa dirasakan dengan hati, sebab musik adalah sebuah karya seni yang berasal dari akal dan budi manusia.

Musik memang sangat luar bisaa. Tanpa musik dunia akan menjadi sepi. Karena tanpa musik dunia akan menjadi datar datar saja tanpa adanya irama yang naik turun untuk menentramkan dan meramaikan suasana.

Secara pribadi saya memang dari kecil dilahirkan untuk mengenal musik  Buktinya adalah, ketika saya lahir orang tua saya adalah penggemar musik dangdut yang cukup fanatik. Sampai sampai, di rumah saya banyak sekali kaset kaset Rhoma Irama, Elvie Sukaesih serta lengkap pula dengan seperangkat sound system seperti Tape, Radio, Mixer, Amplifier bahkan Speaker berukuran 14 inch sebanyak 3 buah. Dengan seperangkat sound system tersebutlah saya lebih mengenal dan menyukai musik.

Setelah saya dewasa, saya mulai belajar bermain musik di usia SMP. Waktu itu pertama kali saya memainkan alat musik yang bernama drum. Dan saat itu pula saya berkesempatan menjadi seorang drummer dari band kelas saya untuk tampil di acara acara sekolah. Hal yang sama juga terjadi ketika saya SMA, saya tetap menjadi seorang drummer, meskipun kemampuan saya tidak termasuk hebat dalam memainkan drum. Dan band kami pun hanya tampil di acara sekolah seperti perpisahan maupun ulang tahun sekolah.

Musik memang menjadi bagian dalam hidup saya. Ketika belajar pun saya lebih sering ditemani oleh musik musik yang slow. Baik itu hanya musik instrument milik Kenny G ataupun lagu yang bertemakan cinta. Saat itulah saya merasa bahwa tanpa musik saya tidak akan bisa belajar dengan nyaman. Karena dengan musik ikiran saya menjadi lebih fresh untuk belajar.

Musik memang masalah selera. Namun bagi saya, semua musik adalah karya seni yang patut untuk diapresiasi. Musik dengan genre apapun tetaplah suatu karya yang hebat dan pantas untuk didengarkan. Meskipun demikian, saya memiliki genre favorit yang seringkali saya dengarkan. Genre tersebut adalah dangdut koplo, pop, slow rock, dan juga musik instrumental.

Menurut saya, alangkah bahagianya bila seseorang itu bisa dilahirkan sebagai seorang musisi. Karena dalam setiap lika liku kehidupan, kita bisa mencurahkan isi hati kita dengan karya musik kita. Kita bisa melontarkan kekecewaan dengan musik, bahkan kita juga bisa menunjukkan kebahagiaan kita lewat musik.

Oleh karena itu, marilah kita bersama sama belajar untuk mengenal musik  Karena dunia ini akan lebih berwarna jika kita bisa mengenal dunia musik dengan berbagai macam genre yang dimilikinya. Dan pastinya salah satu genre musik pasti akan cocok di hati kita masing masing.

Semoga suatu saat nanti musik menjadi bagian dari kehidupan saya. Dan semoga juga saya masih ada kesempatan untuk memainkan alat musik dan menciptakan beberapa karya seni dalam bentuk lagu maupun instrumen dengan gitar saja.

Salam budaya!!!
Mari melestarikan musik di negeri ini...

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top