Review Blog | www.darto.net

Sebelum saya melakukan review blog www.darto.net, saya ingin mengucapkan selamat ulang 6 bulan kepada blog darto.net. Semoga setelah ini blog Mas Darto menjadi semakin populer dan juga semakin berkembang sesuai dengan harapan awal saat si Empunya blog memulai ngeblog. Amin….

Langsung saja ke topik bahasan utama, yakni mengenai review blog Mas Darto tersebut. Disini saya akan mencoba mengulas dan mereview blog darto.net sesuai dengan apa yang saya pahami dalam ngeblog yang enak versi saya, hehe

Kelebihan dan kekurangan dari blog | darto.net

Berdasarkan pandangan saya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam blog tersebut. Kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut :

1. Header Blog (Title dan Description Blog)

Kekurangan yang kedua tentang header blog menurut saya adalah adanya 2 deskripsi pada blog tersebut. Pertama adalah “Kumpulan catatan kecil, semoga bermanfaat”. Dan kedua adalah “Pemikiran penulis blog yang sayang kalau dibuang”. Menurut saya seharusnya dipilih salah satunya saja atau menggabungkan 2 frase tersebut menjadi satu frase yang mewakili keduanya. Tujuannya adalah agar pemilik blog tidak dianggap sebagai orang yang tidak berpendirian karena adanya 2 deskripsi tersebut.

header blog 2 deskripsi
Header Blog 2 Deskripsi
Kekurangan yang kedua menurut saya adalah mengenai lebar header blog. Menurut saya ukuran lebarnya perlu ditambahkan agar blog Nampak lebih elegan dan sedap dipandang. Ini hanya masalah visualisasi saja, jadi bukan masalah yang cukup besar.

header blog diperlebar
Header Blog Diperlebar
Sedangkan untuk kelebihannya adalah pada header blog sudah dicantumkan logo blog berupa “lampu oblek” yang merupakan lampu asli orang Jawa (Javalamp). Menurut saya hal ini cukup menarik karena beberapa blog kebanyakan belum mempunyai logo blog masing masing. Logo tersebut bisa memperkuat identitas serta menampilkan ciri khas dari blog tersebut. Meskipun logonya berbeda dengan konten utama blog yang dimaksud (bahasa pemrogaman java), tapi hal tersebut merupakan keunikan tersendiri dari blog ini.

2. Konten Blog (Postingan Blog)

Dari segi konten, kelebihan dari blog ini adalah semua postingan blog di darto.net telah lolos uji plagiat di copyscape. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri karena hal tersebut menunjukkan bahwa blog ini bukan blog copas dari blog atau website lainnya. Dengan postingan yang natural dan konten yang unik (bukan copas) saya yakin blog ini akan lebih berkembang lagi ke depannya dengan konten yang unik dari pemilik blog.

Copyscape blog darto.net
Copyscape blog darto.net
Namun ada sedikit kekurangan dalam blog ini yang menurut saya perlu untuk dibenahi. Kekurangan itu adalah mengenai intensitas konten atau postingan blog. Sang pemilik blog kurang intens dalam mengupdate postingan blog tersebut. Apalagi dalam 5 bulan terakhir ini, postingan tiap bulannya rata rata kurang dari 10 posting. Hal ini akan menunjukkan kepada visitor atau pengunjung bahwa sepertinya tidak lama lagi blog ini akan “hiatus”. Jadi agar pengunjung tetap setia mengunjungi blog tersebut, pemilik blog harus lebih rajin mengupdate blog tersebut, paling tidak dalam 2 hari ada satu posting.

Kekurangan yang kedua menurut saya adalah mengenai penanggalan pada salah dua posting blog. Entah disengaja atau tidak ada 2 postingan di bulan Agustus 2013. Saya sempat bingung, apakah ini blog masa depan atau bagaimana. Karena sudah bisa menampilkan posting untuk bulan agustus, padahal sekarang masih pada bulan Juli. Ini suatu kebetulan ataukah memang kesengajaan. Tapi kalau memang hal tersebut adalah kelalaian, seharusnya diperjelas dan diperbaiki agar tidak menimbulkan kebingungan pengunjung blog. Saran saya, apabila memang ini suatu kelalaian, seharusnya sebelum melakukan publish, anda harus terlebih dulu melihat dan mengecek di preview.

Blog salah tanggal atau bagaimana?
Blog salah tanggal atau bagaimana?

3. Sidebar blog

Untuk sidebar blog, sebenarnya secara penataan maupun apa saja yang di dalam sidebar sudah tertata dengan baik. Namun ada sedikit saran untuk widget/konten sidebar yang bisa bertambah lebih panjang/lebih banyak dan akan memakan tempat (contoh : label dan alamat blog rekan). Hal tersebut bisa dipersingkat dengan adanya scroll (alat untuk naik dan turun) pada kode html widget tersebut. Atau untuk label bisa menggunakan label model cloud yang lebih ringkas.

Model Scroll untuk Brogroll
Model Scroll untuk Brogroll

4. Template blog

Untuk template blog darto.net yang menggunakan Template Simple dari blogger dan sudah diedit saya rasa sudah cukup bagus. Dengan penampakan yang whity alias penuh dengan warna putih, blog ini nampak bersih, simple, natural. Selain itu karena template tidak menggunakan widget yg macam macam serta widget yang berlebihan, secara visualisasi blog ini sudah cukup bagus.

Namun saya sarankan blog ini dilengkapi dengan elemen Page atau Halaman yang didalamnya berisi Sitemap/Daftar Isi, informasi kontak pemilik, dan halaman lain yang mendukung. Tujuannya adalah agar memudahkan navigasi bagi pengunjung blog selain dengan adanya widget arsip blog di sidebar.

Model page blog
Model page blog

5. SERP blog (Hasil Pencarian di Search Engine)

SERP blog merupakan jumlah page atau halaman anda yang terindex di search engine seperti google, yahoo, dan bing. Data ini menunjukkan seberapa banyak page yang terindex dengan baik dan bisa dilihat di search engine. Berdasarkan data yang saya dapatkan dari add-ons SEO Quake di Mozilla firefox, blog darto.net belum terindex dengan baik di search engine.

SERP blog
SERP blog
Dari keterangan diatas, informasi yang diperoleh adalah sebagai berikut:

  • PR: n/a = Blog belum memiliki nilai Pagerank
  • Logo google I:0 = Blog belum terindeks di google (Indeks google = 0)
  • Logo bing I:11 = Blog telah terindex di bing sebanyak 11 page (Index bing = 11)
  • Logo Alexa Rank: 2003061 = Rank alexa terbaru adalah 2.003.061

6. SEO blog

Karena blog ini bukan digunakan untuk blog komersial. Saya hanya akan mereview masalah Link Building atau SEO off page dari blog ini. Berdasarkan data dari alexa, blog darto.net telah memiliki backlink sebanyak 8 backlink. Hal ini menunjukkan link building dalam blog ini masih rendah karena jumlah link masuk yang mengarah ke blog ini masih sedikit.

Namun dengan upaya mengadakan Giveaway, hal tersebut akan menunjang semakin banyaknya backlink yang mengarah ke blog ini dan akan meningkatkan link building. Hal ini memang tidak terlalu penting, namun jumlah backlink bisa menjadi salah satu indikator apakah blog tersebut berkualitas atau tidak. Karena semakin banyak backlink berarti semakin banyak informasi dari blog ini yang menjadi sumber artikel dari blog lainnya.

Tetapi ada satu hal yang perlu digarisbawahi. Jika anda ngeblog untuk bersilaturahmi dengan blogger lain. Sarana tukeran link atau tukeran banner bisa menjadi salah satu opsi untuk meningkatkan jumlah backlink ke blog.

Alexa dan Pagerank Blog
Alexa dan Pagerank Blog

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa menjadikan acuan untuk melakukan review. Karena keterbatasan pemahaman dan kemampuan yang saya miliki. Maka saya hanya melakukan review pada hal hal utama yang saya pahami saja.

Demikian review blog | www.darto.net dari Imamboll. Terima kasih dan semoga bermanfaat.




Artikel Catatan si Boll Lainnya :

26 komentar:

  1. wauu kompliittt.. mau juga direview begitu..
    saya hanya ingin menanggapi masalah blog masa depan atau posting Agustus. Mungkin si pemilik blog ingin dua posting tsb selalu ada di posting pertama sampai jangka waktu yg ditentukan agar pengunjungnya gampang mencarinya atau istilahnya Sticky Post..

    Semoga sukses ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu tah mas, namanya sticky post, saya baru mudeng mas :D

      Kalau memang pengen dibantu untuk ngreview, monggo mas, silahkan submit di email saya

      Nanti akan dibantu sebisanya, terutama untuk bagian SEO, karena saya juga masih belajar :D

      Delete
    2. selamat menang looh ^^
      blog saya mau direview juga dong ^^ ya?

      Delete
    3. iya tah mbak, saya belum liat pengumumannya mbak :D

      kalo ada waktu agak senggang, ntar aku review-in deh mbak :D

      Delete
  2. Reviewnya complit sam, dan untuk yang sampean sampaikan diatas bahwa darto.net adalah blog masa depan itu mungkin keliru lo ya.

    itu supaya postingan yang di bawah berada di bawah postingan tersebut. Biat menjadi yang ter-atas gitu. Om Insan itu benar.

    Heheee, sukses ya, kita saingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, namanya juga keliru sam, manusia juga nggak ada yg sempurna :D

      biar udah, tetep apa adanya seperti itu postinganku, sudah agak males mau ubek2 lagi, hehe

      Delete
  3. mau dong di review juga blog ane :P
    email mas apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk, mas iska kan udah ahli mas buat SEo dan ngurus2 template, kok malah minta tolong review saya mas :D

      kan saya yg masih baru belajar :D

      Ada mas di Halaman Contact Us (di atas judul posting)

      Delete
  4. Replies
    1. terima kasih udah mampir mas :D

      ayok mas ikutan GA ini juga DL sampai akhir bulan

      Delete
  5. Tambah canggih wae awakmu sam.. ampe detail mereview


    sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur nuwun kang

      seng ngajari lho sampeyan biyen, mosok lali se cak :D

      pengen belajar memperdalam dunia maya kang

      Delete
  6. Mungkin itu cara untuk membuat sticky post di blogsopt, Mas.
    Jadi di tarus dibulan Agustus. :)

    Review yang apik. Saya malah belum ikut kontes ini. .. :)
    Moga menang, ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, memang untuk sticky post, saya juga baru tahu metode ntu mbak idah, hehe (harap maklum)

      ya segera direview mbak, mumpung DL masih panjang

      makasih...

      Delete
    2. iya itu mas, mbak idah keris jago banget ngreview :D

      Delete
  7. Eh, mau komen lagi. .

    Ganti theme, yaaaa. . .:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ganti template yg sedikit cerah dan catchy eyes (halah boso opo iku)...

      template gratis mbak, nyari di web sebelah :D

      Delete
  8. Lengkap banget review-nya, ane malah belum sempet ikutan sob. Semoga menang dalam kontes review ini. Ane mendukung aja sob :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yitno kan jago ngreview kang, ikutan kan juga nggak apa2, hehe

      mumpung waktunya masih banyak kang

      Delete
  9. Betul, itu memang di "nempel" di atas terus , alias "sticky post" yang paling gampang diterapkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kalo gitu mas, maklum lah, masih newbie, hehe

      semoga jaya terus mas dengan blognya :D
      aminn...

      Delete
  10. Replies
    1. iya mas, kalo ada waktu saya akan BW ke njenengan sambil nyari takjil disana, hehe

      Delete
  11. lebih pinter ngereview-nyaaaa :)
    kamu ngeblog udah lama ya? kayaknya sih lebih lamaan kamuuu.

    kece! semoga menang, Brooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu juga mbak, saya baru ngeblog bulan agustus tahun lalu mbak

      amin mbak, semoga bisa jadi salah satu pemenang

      Delete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top