Belajar Adalah Salah Satu Kunci Kesuksesan

Belajar memang salah satu kunci dari kesuksesan seseorang. Tanpa belajar kita tidak akan mengetahui hal hal baru. Tanpa belajar kita akan minim informasi dan tanpa belajar kita akan menjadi seseorang yang kosong tanpa ilmu.

Menurut fakta yang ada, belajar memang salah satu kunci kesuksesan. Meskipun Bob Sadino atau beberapa pengusaha lain bilang bahwa keberuntungan adalah kunci kesuksesan, saya kurang sependapat dengan itu. Saya tetap berpendapat bahwa belajar adalah kunci kesuksesan.

Contohnya begini, kalau melihat cerita Bob Sadino, dia bilang dia beruntung ketika membawa telur ayam lehorn yang lebih besar dibandingkan telur ayam jawa dan menjualnya di Indonesia. Saya berpendapat lain, dari ilustrasi tersebut saya berpendapat bahwa Bob Sadino berusaha mempelaji kondisi telur di Indonesia yang ukurannya kecil kecil. Kemudian Bob Sadino mencoba menjual telur ayam lehorn yang berukuran lebih besar. 
Belajar Adalah Salah Satu Kunci Kesuksesan


Saya merasa bahwa disitu om Bob memikirkan dan belajar mengenai kelebihan telur ayam lehorn dibandingkan telur ayam jawa, yakni dalam bentuk ukuran. Dengan kelebihan itu, maka dia kemudian memiliki strategi dalam hal pemasaran dengan menyebutkan bahwa ukuran telur ayam lehorn lebih besar sehingga akan lebih puas jika dikonsumsi bersama makanan.

Melihat salah satu contoh tersebut, saya masih yakin bahwa kunci sukses seseorang adalah dengan belajar. Meskipun seorang pengusaha bodoh dalam hal akademis, mungkin saja dia bisa sukses karena belajar dari pengalaman yang didapatnya. Misalkan saat menjual produk dengan strategi A dia mendapat 10 pelanggan, dengan strategi B mendapat 25 pelanggan. Dia pasti berpikri dan belajar mengapa strategi B lebih mendapatkan hasil. Dari situlah dia belajar dan akan mendapatkan ilmu untuk menggapai kesuksesannya.

Dari dulu sampai sekarang saya tetap percaya bahwa belajar adalah salah satu kunci kesuksesan. Baik itu belajar dalam hal hal kecil maupun belajar dalam hal yang luar biasa. Belajar dari pengalaman sendiri maupun belajar dari pengalaman orang lain. Intinya saya harus belajar agar saya bisa mendapatkan kesuksesan.


Artikel Catatan si Boll Lainnya :

10 komentar:

  1. belajar tidak ada batasan umur ya, sampai sekarnag harus tetap belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kan sudah ada hadits dari rosulullah :D
      belajar dari lahir sampai liang lahat

      Delete
  2. Sy setuju dgn mas imam. Lebih banyak org bodoh yg gak sukses daripada orang pintar yg gak sukses. Belajar tetap nomor satu, karena keberuntungan gak menghampiri semua orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas, belajar belum tentu pada sisi akademis saja, dalam hal non akademis pun banyak hal yang bisa dipelajari untuk menjadi sukses

      Delete
  3. Aku pikir ada benarnya, belajar jadi kunci sukses
    Asalkan yang dipelajari itu prosesnya, bukan hasilnya.
    Seringkali kita terinspirasi orang sukses, tapi yang kepikir kebanyakan kesuksesannya. Proses bagaimana mereka meraih sukses, kadang terlupakan. Makanya keberuntungan jadi dominan di sini, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mengenal salah satu kalimat sahabat saya di organisasi pecinta alam saat kuliah, yang menghubungkan antara titik nol dengan titik kesuksesan adalah prosesnya
      jadi hasil merupakan sebuah titik akhir yang tidak perlu dipelajari, yang perlu dipelajari adalah prosesnya :D

      Delete
  4. Belajar akan terus membuat kita mendapatkan hal baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendapatkan hal baru dan juga mengembangkan hal yang lama agar menjadi lebih baru :D

      Delete
  5. Belajar di mana saja, dari mana saja, kapan saja...
    *asik :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu semboyan regu saya saat ikut pramuka dulu mas :D

      Delete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top