Cara Membuat Review Suatu Produk yang Benar

Cara Membuat Review Suatu Produk yang Benar - Pekerjaan mereview memang bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa kita lakukan. Hal ini dikarenakan mereview suatu produk memerlukan sebuah analisa yang bagus serta pendalaman materi sesuai dengan produk apa yang akan kita review.

Secara garis besar, ada 2 macam cara mereview suatu produk. Kedua cara ini juga cukup simpel dan bisa kita lakukan. Tetapi diperlukan data data pendukung yang harus kita dapatkan, baik itu dari membaca spesifikasi produk itu di internet dan pustaka maupun mencoba produk itu secara langsung.

Cara Membuat Review Suatu Produk yang Benar
sumber : www.bisnismu.com

Cara mereview produk yang benar adalah sebagai berikut :


1. Mereview Produk dengan melihat sisi positif dan negatifnya

Dalam mereview produk, hal yang paling harus kita tekankan terlebih dahulu adalah mengenai deskripsi produk tersebut. Bentuknya bagaimana, warnanya apa, spesifikasinya bagaimana, harganya dan beberapa gambaran umum mengenai produk tersebut. Biasanya hal ini akan dituangkan pada paragraf pembuka di artikel kita yangakan kita gunakan untuk mereview suatu produk. Pada poin ini biasanya juga disertakan gambar mengenai produk yang kita review.

Kemudian setelah deskripsi umum, kita bisa memberikan penjelasan mengenai sisi positif dalam arti kelebihan kelebihan apa yang ada pada produk tersebut. Poin ini bisa kita tempatkan setelah paragraf pembuka di atas.

Setelah membahas poin kelebihan produk, maka selanjutnya yang harus dibahas adalah kekurangan dari produk tersebut. Hal ini bisa kita tuliskan di paragraf yang berbeda yang letaknya berada setelah paragraf kelebihan produk yang kita review.

Lalu di paragraf terakhir, hal yang harus kita berikan kepada pembaca adalah kesimpulan umum serta saran kita bagi pembaca. Hal ini adalah poin yang sangat ditunggu oleh pembaca, karena poin ini merupakan kesimpulan dari review yang kita buat untuk suatu produk.

2. Mereview produk dengan membandingkan produk tersebut dengan produk lain

Cara yang kedua adalah dengan membandingkan produk yang kita review dengan produk yang lain. Dalam hal ini bisa berarti membandingkan dengan produk yang serupa dalam merk yang sama. Maupun antara produk dengan merk yang berbeda namun memiliki spesifikasi yang hampir sama.

Pada review dengan cara ini, poin di paragraf pembuka tetap sama, yaitu deskripsi singkat atau deskripsi umum mengenai produk yang kita review. Kemudian pada paragraf selanjutnya merupakan paragraf yang berisi deskripsi perbedaan dengan produk yang lainnya. Dalam hal ini bisa dijelaskan satu per satu poin utama yang berbeda dari kedua produk tersebut. Satu paragraf bisa menjelaskan satu poin pembeda tersebut.

Kemudian pada bagian terakhir juga sama, yakni kesimpulan serta saran yang kita berikan bagi pembaca. Dengan perbedaan tersebut, mana kira kira produk yang lebih baik serta lebih cocok bagi calon pembeli produk itu. Baik dari segi harga maupun spesifikasi yang ditawarkan.


Demikian beberapa cara menulis review suatu produk digital maupun produk offline.Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

8 komentar:

  1. sayangnya teman teman yang suka ngeripiu itu dalam rangka kontes
    makanya jadi kurang seimbang dan ga asik bacanya
    mau asik gimana wong nyobain aja belum kok ngerepiu
    haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya memang begitu kang, tapi banyak juga yang memang sengaja review hanya untuk dijadikan konten blog

      Delete
  2. Cara membuat review produk yang baik seperti yang di terangkan di atas hanya dapat di lakukan oleh para user ya Kang. Jadi lebih mengenal kelebihan dan kelemahannya.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya memang begitu mas indra, user dari suatu produk biasanya bisa lebih memberikan informasi mengenai plus minusnya

      Delete
  3. saya belum pernah ngripiu Kang. bener juga kata Kang Rawins, ngripiu produk kalo ngontes biasanya cenderung subyektif

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja begitu mas, karena dalam review emang diharuskan yg positif2 saja

      Delete
  4. kalau review berbayar biasaya yang bagus2 aja ya :)

    ReplyDelete
  5. apa aja sih yang menyediakan program seperti itu ?? dan paling enak yang mana??

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top