Cara Cara Untuk Belajar Sabar Dalam Menjalani Masalah Dalam Hidup

Cara Cara Untuk Belajar Sabar Dalam Menjalani Masalah Dalam Hidup - Kehidupan adalah sesuatu hal yang sangat dinamis. Kadang dalam satu waktu kita merasa sangat bahagia dalam kehidupan kita. Namun dalam waktu yang singkat sesudahnya pun bisa saja kita mendapat permasalahan yang berat hingga akhirnya kita hanya bisa diam dan terpana dalam menjalani hidup.

Berdasarkan hal itulah, kita sebagai manusia dituntut untuk belajar memiliki sifat sabar dan ikhlas dalam menjalani setiap masalah yang ada pada kehidupan kita. Karena sebagai manusia kita memang hanya bisa menjalani dan juga hanya bisa menerima apa yang sudah ditakdirkan oleh Allah SWT kepada kita. Namun, dalam hidup juga diperlukan ikhtiar dalam menghadapi masalah masalah itu, baik dengan memohon petunjuk kepada Allah, maupun meminta saran kepada orang orang terdekat kita.

Cara Belajar Untuk Sabar Dalam Hidup

Cara Cara Untuk Belajar Sabar Dalam Menjalani Masalah Dalam Hidup

Sebagaimana ayat di atas, Allah memang bersama orang orang yang sabar. Dan sebaliknya, jika kita grusah grusuh, maka kita justr akan ditemani oleh setan dan iblis yang siap mengatur seiap langkah kita ke arah yang tidak baik.

Sebagai anak muda, saya memang belum bisa sepenuhnya sabar dalam menjalani setiap masalah yang ada dalam hidup saya. Namun di sini saya akan mencoba memberikan cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa dianugerahi sifat sabar oleh Allah SWT.

Cara Belajar Menjadi Orang yang Sabar

1. Membaca Al-Qur'an
2. Sholat malam
3. Berkumpul dengan orang sholeh dan paham ilmu sosial dan keagamaan
4. Dzikir di malam hari, terutama beristighfar dan membaca hamdalah
5. Berpuasa

Cara cara di atas adalah cara cara yang bisa kita lakukan untuk membuat diri kita menjadi tenang. Dan ketenangan itulah yang naninya bisa menumbuhkan sifat sabar dalam diri kita.

Cara cara untuk sabar di atas adalah cara yang belum saya coba sepenuhnya. Namun ketika saya mencoba salah satu di antaranya, hal tersebut bisa menumbuhkan suasana hati yang tenang dan merasa senantiasa ada dalam lindungan Sang Khalik.

Saya sendiri mengakui, sabar adalah hal yang sangat sulit. Saya sendiri hanya bisa bicara hal ini, karena dalam suatu hal terkadang saya tidak bisa sabar dan mudah emosi. Namun, apa salahnya mencoba belajar sabar dalam menjalani hidup yang selalu penuh dengan masalah.

Demikian artikel saya tentang Cara Cara Untuk Belajar Sabar Dalam Menjalani Masalah Dalam Hidup. Terima kasih dan mari belajar menjadi orang orang yang sabar.

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

Scroll to top