Cara Dan Syarat Mengurus Perpanjangan Paspor Online Tahun 2015

Cara Dan Syarat Mengurus Perpanjangan Paspor Online Tahun 2015 - Setelah pada artikel sebelumnya saya menjelaskan bagaimana Cara Membuat Paspor Baru Secara Online, disini saya akn menjelaskan bagaimana cara untuk mengurus dan memperpanjang paspor kita yang akan memasuki masa expired atau bisa dikatakan password kita akan habis masa berlakunya.

Cara untuk mengurus proses memperpanjang paspor sebenarnya hampir sama dengan cara untuk membuat paspor baru. Namun bagi Anda yang masih bingung, anda bisa segera membaca artikel ini saja. Semoga dengan membaca artikel ini, proses pengurusan paspor Anda akan terbantu dan bisa selesai sesuai dengan yang diharapkan.

Cara Mengurus Perpanjangan Paspor

Cara Dan Syarat Mengurus Perpanjangan Paspor Online Tahun 2015
Paspor merupakan dokumen penting untuk ke luar negeri
Di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa tahapan yang akan kita lakukan untuk proses memperpanjang paspor kita sebelum memasuki masa expired :

Ketentuan Perpanjangan Paspor

Paspor memiliki masa aktif selama 5 tahun dan hanya dapat diperpanjang jika paspor sudah memasuki masa kurang dari 6 bulan sebelum expired, kecuali jika anda memang ingin mengganti paspor biasa menjadi e-paspor.

Biaya Perpanjangan Paspor

E paspor = Rp. 655.000,-
Paspor biasa = Rp. 355.000,-

Informasi lebih lengkap di artikel Biaya Pembuatan Paspor

Dokumen yang Perlu Dibawa untuk Proses Perpanjangan Paspor

  1. Akte lahir asli dan fotocopy
  2. Kartu Keluarga asli dan fotocopy
  3. KTP asli serta fotocopy
  4. Paspor lama asli serta fotocopy (halaman paling depan hingga belakang)
Catatan : semua lembar fotocopy harus di kertas ukuran A4, termasuk copy KTP, Akte lahir dapat diganti dengan ijazah SD/SMP/SMA (ijazah kuliah tidak dapat digunakan karena tidak ada nama orang tua)

Perbedaan Perpanjangan Paspor Secara Online dan Manual di Kantor Imigrasi

  • Mendaftar paspor secara online akan lebih mudah dan cepat selesai, karena ada jalur khusus pendaftaran online, sehingga proses akan lebih cepat.
  • Mendaftar paspor secara mendaftar manual di kantor imigrasi harus datang pagi sekali jika ingin cepat selesai. Karena proses antrian bisa menghambat proses pembuatan paspor Anda.

Ketetntuan Ketika Datang ke Kantor Imigrasi

  • Anda Harus menggunakan sepatu, tidak boleh menggunakan sendal jepit dan celana pendek.
  • Gunakan kemeja yang tidak berwarna putih karena background saat foto berwarna putih
  • Pada jam 6 pagi pagar kantor imigrasi sudah dibuka, silahkan berjalan ke area belakang, disana terdapat tempat duduk yang sudah diberi nomor, dan Anda harus duduk sesuai urutan kedatangan.

Proses Mengurus Perpanjangan Paspor di Kantor Imigrasi

  • Kantor Imigrasi melayani pembuatan paspor pada jam 7 pagi, biasanya 5 atau 10 orang pertama (sesuai antrian) akan diarahkan untuk masuk terlebih dahulu, Anda harus menyiapkan berkas yang diperlukan.
  • Proses pertama untuk perpanjangan paspor adalah verifikasi berkas, petugas kantor imigrasi akan memeriksa apakah Akte lahir/ijazah asli, Kartu Keluarga, KTP dan paspor lama sudah sesuai dan memiliki kesamaan nama maupun alamat Anda (nama harus sama, alamat KTP dengan KK harus sama), termasuk juga fotocopy dari berkas tersebut.
  • Jika sudah benar, maka petugas akan memberi map berisi formulir yang harus diisi, map sudah diberi nomor sesuai urutan. Di Kantor imigrasi tidak disediakan bolpoin, jadi Anda harus membawa dari rumah atau beli di toko depan kantor imigrasi.
  • Setelah mengisi formulir, Anda akan dipanggil untuk melakukan wawancara melalui speaker di kantor imigrasi.
  • Ketika wawancara, Anda biasanya akan ditanya oleh petugas mengenai rencana kunjungan luar negri yang akan dilakukan
  • Setelah wawancara, petugas akan mengambil foto untuk paspor Anda di ruang wawancara. Setelah itu petugas akan memberi lembar dengan barcode untuk pembayaran biaya paspor yang nantinya juga digunakan untuk mengambil paspor setalah sudah jadi.
  • Petugas akan menginformasikan kapan Anda akan mendapatkan paspor Anda, biasanya selesai 4 hari kerja setelah proses.
  • Pembayaran paspor lebih baik dilakukan di hari yang sama, untuk pendaftar manual pembayaran harus di BNI 46. Untuk pendaftar online juga saya sarankan untuk membayar di BNI 46.
  • Paspor baru biasanya akan tersedia setelah tiga hari kerja sesudah anda membayar biaya paspor di bank (pada pendaftar manual).
  • Saya sarankan untuk mengambil paspor Anda pada siang hari untuk mengecek kesediaan.
  • Pengambilan paspor di loket yang ada di ruangan sebelum pintu masuk belakang, di loket itu terdapat tulisan loket pengambilan paspor. Jangan lupa membawa bukti pembayaran paspor.
  • Biasanya waktu mencari paspor cukup lama, dan anda harus sedikit bersabar. Petugas kemudian akan meminta anda untuk tanda tangan di formulir dan paspor baru, setelah itu petugas akan memberikan paspor baru yang harus difotocopy depan-belakang untuk diberikan kepada petugas.
  • Setelah Anda memberikan fotocopy paspor baru, anda dapat meminta paspor lama pada petugas.
Demikian artikel dari saya mengenai bagaimana Cara Dan Syarat Mengurus Perpanjangan Paspor Online Tahun 2015. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lain tentang

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

1 komentar:

  1. Saat sekarang semuanya di permudah dengan OnLine, tapi tetep ada ribetnya kadang ketika kita tidak bersedia bayar Lebih untuk mendapatkan pelayanan...

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top