Suka Duka Bersama PLN


Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi kebahagiaan dan juga berbagi pengalaman tentang adanya manfaat dari keberadaan PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Sebagai warga negara Indonesia yang sudah merasakan terang benderangnya dunia, kita pasti tidak meragukan lagi betapa besar manfaat listrik bagi kehidupan kita sehari hari. Setiap hari kita menggunakan listrik untuk menyetrika, memasak nasi dengan rice cooker, menyalakan televisi, menghidupkan lampu, dan lain sebagainya. Dengan manfaat yang begitu besar, dapat kita bayangkan betapa besar manfaat listrik bagi kehidupan kita.


Semenjak saya lahir di tahun 90' an, saya sudah dikenalkan dengan adanya jaringan listrik di rumah saya. Meskipun pada waktu itu rumah bapak saya numpang listrik dengan tetangga (join listrik). Namun pada waktu itu listrik sangat dimanfaatkan orang tua saya untuk menyalakan mesin penggiling kedelai untuk membuat tempe. Selain itu, adanya listrik di rumah juga kami gunakan untuk menyalakan beberapa lampu rumah dan juga radio tape.

Pengalaman Buruk dengan Jaringan Listrik

Saya masih ingat pengalaman yang kurang menyenangkan dengan adanya gangguan jaringan listrik. Ketika saya masih SMP, Kabupaten Jombang di bagia utara pernah gelap gulita karena gardu listrik di Ploso terbakar dan meledak akibat adanya angin puting beliung.di wilayah Tembelang. Pada waktu itu menyebabkan listrik mati selama seminggu. Bisa dibayangkan bagaimana kalau nggak ada listrik selama seminggu. Pasti kegiatan pembuatan tempe bapak terhenti karena tidak ada air. Kebetulan juga waktu itu sumur rumah saya sudah ditutup dan hanya mengandalkan pompa air.

Kondisi tersebut memang asyik ketika malam hari, karena langit menjadi lebih terang. Tetapi apa yang kami makan ketika orang tua tidak bekerja. Keluarga kami terpaksa makan seadanya saja memanfaatkan sisa sisa makanan yang ada di dapur. Waktu itu benar benar pengalaman yang paling buruk ketika tidak ada listrik. Benar benar merasakan jaman purba yang nggak ada listrik.

Pengalaman Menyenangkan dengan Jaringan Listrik

Meskipun saya pernah mengalami masa tidak menyenangkan dengan listrik. Saya dan keluarga juga sempat merasakan kebahagiaan dengan adanya jaringan listrik. Kalau haya masalah penerangan listrik di rumah itu sudah biasa, namun kami sekeluarga mendapatkan yang lebih dari itu. Kebetulan pada waktu saya kelas 1 SMA, meteran listrik di rumah kami mengalami gangguan, alhasil bapak meminta tolong kepada teman bapak dari petugas PLN gardu Ploso untuk membetulkan meteran. Setelah sehari diutek utek, akhirnya meteran sudah kembali normal dan listrik berjalan seperti biasa.

Setelah itu, ada hal yang tidak kami kira. Teman bapak ersebut menawarkan kerjasama dengan bapak yang cukup mengerti juga tentang pengaturan listrik rumah. Beliau menawarkan kerjasama pemesanan meteran listrik dan juga instalasi baru untuk warga di desa saya. Karena menurut bapak itu buan hal yang sulit, akhirnya bapak mengiyakan. Hampir selama 1 tahun bekerja sama, ada kurang lebih 70 an instalasi listrik baru yang kami dapatkan. Dan alhamdulillah, komisi dari PLN juga lumayan membantu ekonomi di keluarga saya pada waktu itu.

Harapan ke Depan untuk PLN

Kalau melihat perkembangan dari kinerja PLN akhir akhir ini, saya rasa sudah banyak terjadi perubahan yang signifikan terutamanya kenyamanan dan kepuasan pengguna jasa listrik. Dari mulai proses pemesanan instalasi listrik yang lebih mudah, proses pembayaran yang bisa di mana mana, dan juga sekarang sudah ada kantor pengaduan masalah listrik selama 24 jam di kantor PLN. Dengan beberapa perbaikan pelayanan tersebut, saya merasa sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada PLN atas peningkatan kinerja dan juga pelayanannya kepada masyarakat.

Satu hal lagi mengenai pembaharuan PLN adalah mengenai Jaringan Listrik Prabayar. Rumah saya memang belum menggunakan listrik prabayar. Namun menurut teman yang sudah menggunakan, jaringan tersebut cukup memberi manfaat dalam kegiatan penghematan listrik. Apalagi token listrik prabayar juga bisa dibeli di berbagai tempat termasuk di saya, karena saya juga selain berjualan pulsa untuk hp saya juga menjual token listrik prabayar. Terima kasih untuk PLN yang sudah berbagi rejeki dengan saya.

Di bawah ini ada beberapa list harapan saya ke depannya untuk PLN:
1. Lebih memaksimalkan lagi dalam hal kenyamanan pengguna jasa listrik di seluruh wilayah Indonesia
2. Membantu masyarakat yang berada di pedalaman untuk membuat jaringan listrik swadaya apabila kabel listrik belum bisa menjangkau
3. Membuat terobosan terobosan baru tentang cara cara penghematan listrik bagi masyarakat perkotaan
4.Memberikan santunan pendidikan formal ataupun non formal bagi masyarakat pedalaman yang belum menerima listrik

Semoga beberapa uraian di atas dapat menjadi manfaat bagi kita semua. Terima kasih PLN atas kinerjanya yang semakin profesional. Semoga PLN benar benar menjadi lembaga yang semakin bermanfaat bagi nusa dan bangsa Indonesia.

Tulisan di atas diikutsertakan dalam lomba
Aku dan PLN

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

22 komentar:

  1. betul sekali nih, semoga pengalamanya ini bisa di baca oleh pihak PLN dan tentunya bisa juara juga ya... hehehe

    Industry kecil seperti tempe akan sangat berpengaruh jika tidak ada listrik. kita sekarang benar benar sudah tergantung sama listrik.. nice story...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas applausr, terima kasih

      memang industri kecil seperti itu mas, masalahnya setiap aspek produksi udah tergantung dengan listrik, kalau nggak ada listrik ya udah nggak produksi

      Delete
  2. kalo orang rumahan yang tergantung sama listrik untuk keperluan nonton tv atau penerangan mungkin cuma bisa ngedumel kalo ada pemadaman listrik, tapi kalo orang yang menggunakan listrik untuk mencari nafkah tentu akan sangat merugi karena pemadaman tersebut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar mas, seminggu tidak bekerja bisa dibayangkan mas, uang mana yang mau dipakai beli beras

      tapi alhamdulillah sekarang sudah tidak seperti itu lagi mas

      Delete
  3. Semoga ke depan PLN semakin baik pelayanannya hingga tak sering2 mati lampu seperti sekarang2 ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya terbalik mas, semoga pengguna listrik dapat menggunakan listrik secara efisien, agar jatah listrik tidak over dan tidak ada pemadaman lagi ^^

      Delete
  4. hayuh..lomba sana-lomba sini! semoga semua menang! hehe...
    tapi bener loh, kalo engga ada listrik, hidup ini serasa gelap'
    **ya iyalah..**
    tapi knapa ya, listrik di rumah saya sering byar-pet?? ga kuat daya kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari penerawangan saya ini tulisan Bakal menang

      Delete
    2. ini bagian dari berikhtiar mbak popi, hehe ^^

      kalo sering byar pet byar pet, biasanya dayanya kurang mbak, kalo boleh usul, sampeyan bisa pake listrik yg prabayar, nanti jaringan listrik yg lama dan yang baru bisa dipisah kok mbak

      daripada kalo dihitung hitung, buat meteran baru lebih mahal kayaknya mbak popi

      Delete
    3. Kang asep kok sukanya nerawang nerawang sih mas, terima kasih kang asep doanya ^^

      Delete
  5. Sukses ya Mas Imam buat lombanya. :)

    ReplyDelete
  6. PLN, yang dicaci dan dirindukan... :D
    Gudlak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kak akin

      sampeyan benci atau merindukan PLN mbak, hehe

      Delete
  7. Iya sekarang betapa tergantungnya hidup umat manusia terhadap listrik. Mati satu jam saja sudah bikin bete, karena gak bisa menghidupkan komputer...Maka selayaknya lah PLN mulai tahu diri, dengan membagi share distribusi listrik kepada perusahaan lain. Jadi konsumen punya pilihan, gak seperti sekarang, byar pet cuma bisa masyarakat sikapi cuma dengan urut dada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga terbentuknyasegera terbentuk pembangkit listrik yang baru mbak evi, biar listrik nggak byar pet byar pet ^^

      yang pasti, sebagai onsumen kita juga harus menghemat pemakaian listrik mbak

      Delete
  8. listrik memang udah jd kebutuan hidup. semoga kinerja PLN lebih baik lg ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga PLN jadi semakin baik ya mamanya keke sma nai ^^

      Delete
  9. wahhh udah ikutan juga yaaaa
    semoga berjaya yaaa

    ReplyDelete
  10. Duh, ga kebayang kalo skrg msh harus berlilin ria ya :D

    Gudlak ngontesnya Imam^^

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top