7 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Selamat beraktivitas para sahabat Noteboll sekalian

Pada hari ini ada beberapa umat muslim di Indonesia yang memulai puasa lebih dahulu. Dan sebagian di antaranya memang baru memulai puasa pada Rabu besok. Semoga dengan perbedaan awal puasa tersebut tidak akan mengurangi keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Ngomong ngomong soal puasa, saya yakin beberapa sahabat telah mengetahui beberapa hal yang memang tidak diperbolehkan dalam berpuasa. Baik itu makan, minum ataupun berhubungan suami istri. Semua itu adalah beberapa hal yang memang membatalkan puasa dan jika kita melakukannya, maka kita wajib mengganti puasa tersebut serta ada beberapa hal khusus yang perlu diperhatikan akibat hal hal yang membatalkan puasa tersebut.
Disini saya akan mengingatkan kembali kepada para sahabat yang ingin mengingat kembali tentang hal hal yang membatalkan puasa. 7 hal yang dapat membatalkan puasa adalah sebagai berikut:

1. Makan dan minum secara sengaja.

Hal tersebut sudah sangat jelas, kita semua pasti sudah mengetahui bahwa makan dan minum  secara sengaja justru akan membatalkan puasa yang kita lakukan. Namun, apabila kita memang benar benar lupa, maka hal tersebut diperbolehkan. Jadi ketika di tengah tengah makan atau minum ada yang mengingatkan kita, kita harus segera membuang makanan atau minuman yang ada di dalam mulut kita dengan segera. Setelah itu berkumur dan melanjutkan puasa kembali.

2. Memasukkan makanan/zat ke dalam tubuh melalui infus ataupun suntikan.

Hal tersebut memang tidak diperbolehkan. Baik itu memberikan infus untuk tubuh ataupun sekedar menyuntikkan obat ke dalam tubuh. Kedua hal tersebut juga dapat membatalkan puasa.

3. Mengeluarkan darah haid dan nifas setelah melahirkan.

Apabila seorang wanita tiba tiba mendapati haid atau nifas, maka puasanya akan batal. Baik itu pada pagi hari, siang hari ataupun menjelang maghrib sekalipun.

4. Mengeluarkan mani secara sengaja

Keluarnya mani secara sengaja memang akan menyebabkan batalnya puasa kita. Baik itu keluar ketika berciuman dengan pasangan, berpelukan dengan pasangan ataupun hal hal lainnya. Namun apabila keluar dengan tidak sengaja seperti saat mimpi, maka hal tersebut tidak akan membatalkan puasa.

5. Murtad atau keluar dari agama Islam

Hal tersebut sesuai dengan Firman Allah pada Surat Al An'am ayat 88. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa amalan seseorang akan hilang/lenyap ketika seseorang tersebut menyekutukan Allah. Jadi apabila pada saat puasa orang tersebut keluar dari Islam, maka batallah puasa tersebut.

6. Muntah dengan sengaja

Menurut Hadits Rasulullah SAW, apabila ketika berpuasa seseorang memuntahkan isi perutnya dengan sengaja, maka puasa tersebut akan batal dan wajib untuk mengganti puasa tersebut.

7. Bersenggama atau berhubungan suami istri

Berhubungan suami istri pada waktu puasa juga akan langsung membatalkan puasa tersebut. Bahkan selain puasanya batal, orang yang bersenggama pada waktu puasa juga mendapatkan hukuman yang disebut "kaffarat" akibat orang tersebut mengurangi kesucian bulan Ramadhan dengan berhubungan suami istri di siang hari saat puasa.

Ada tiga pilihan/alternatif hukuman untuk kaffarat, hukuman tersebut adalah sebagai berikut :
a. membebaskan seorang budak, atau
b. melaksanakan puasa 2 bulan berturut turut, atau
c. memberimakan 60 orang fakir miskin

Demikianlah 7 hal yang dapat membatalkan puasa kita. Mari kita menjaga puasa kita dengan baik. Karena puasa adalah ibadah umat manusia yang pahalanya langsung ditentukan oleh Allah SWT.

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

7 komentar:

  1. Sungguh sangat berat ya sam, pantangan dibulan suci ini.

    Semoga semua halangan dan rintangan itu tidak sesering mengganggu kita.

    Dengan begitu kita harus juga tetep mencegah dan menghindari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa kita.

    Selamat berpuasa dan menikmati bulan penuh rahmat ini.

    Semoga semakin bermanfaat ibadahnya.

    Selamat datang ramadhan selmat datang cinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga belajar menahan nafsu dan amarah jas, ini momen yang baik untuk melatih hati dan pikiran dalam menahan hawa nafsu dan amarah

      selamat berpuasa sam :D

      Delete
  2. ngeblog juga bikin batal, om
    kalo bw nya ke blog bokep :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk, jangan curhat lah om, hahaha

      Delete
  3. Kalau berenang di siang hari dan kentut gimana sob. Soalnya ada yang bilang batal, tapi ada juga yang tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengetahuan saya kalau berenang tidak batal, tapi dikhawatirkan akan ada air yg masuk ke mulut kita, maka sebaiknya dihindari, apalagi kalau berenang ny disengajain biar ada air yang masuk ke dalam mulut, itu ga boleh kawand.
      nah, kalau kentut itu tidak membatalkan puasa, membatalkan wudhu :)
      wallahu alam bishawab...

      Delete
    2. Sebenarnya semua amalan tergantung niat awalnya juga mas

      Kalau kita berenang dengan niat yang kurang baik misalnya agar kita segar dan ada air yang masuk ke mulut atau hidung, hal tersebut bisa membatalkan puasa seperti apa yang disampaikan mbak Pudja Kusumah

      kalau masalah berenang dan tidak sengaja kentut, saya rasa itu tidak membatalkan puasa mas, karena saya yakin kentut saat berenang tidak menyebabkan air masuk ke dalam dubur.

      Tapi alangkah lebih baik mencegah hal hal yang mendekati batalnya puasa seperti berenang, karena bisa saja air akan masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut, mata atau telinga

      Delete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top