Lele Jumbo Asli Jombang

Hayo coba tebak, di bawah itu foto ikan apa. Pasti para sahabat sudah nggak asing lagi dengan foto ikan tersebut. Ikan yang mudah kita jumpai di pasar tradisional, ikan yang namanya telah terkenal di semua penjuru warung lalapan. Dan tentunya ikan tersebut cukup populer di kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Lele Jumbo
Yups, anda benar, ikan tersebut adalah ikan Lele. Ikan yang biasanya malang melintang di bisnis makanan lalapan. Lele adalah ikan yang memiliki kumis panjang yang dapat hidup di air yang berlumpur. Ikan tersebut cukup licin  serta agak pipih memanjang. (sumber : om wiki)

Ikan lele cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena cara budidayanya yang cukup mudah serta karena rasa dagingnya yang cukup enak. Dengan keunggulannya tersebut, bisnis lele cukup menjanjikan, selain karena bibit yang murah, perawatan budidaya lele juga tidak memerlukan biaya yang cukup mahal dan juga harganya yang cukup stabil di pasar tradisional.

Selain dimanfaatkan untuk makanan lalapan lele goreng dan juga pecel lele, lele juga dimanfaatkan dalam beberapa produk makanan lainnya. Salah satu yang paling terkenal adalah kerupuk lele. Kerupuk yang berasal dari bahan utama kerupuk (tepung) yang dicampur dengan bumbu serta daging lele.

Lele yang dijual di pasaran biasanya berukuran cukup kecil, kadang satu kg lele bisa berisi sekitar 10-12 ekor lele. Ukuran tersebut merupakan ukuran standar lele ketika dipanen dari kolam. Namun terkadang di suatu kolam harus ada indukan lele yang berukuran cukup besar.

Lha, foto di atas adalah foto indukan lele yang ditemukan oleh keponakan saya di kolam tetangga saya. Saat mau memindahkan indukan, eh ternyata ada satu induk lele yang jatuh dari jaringnya di pinggir sawah. Setelah itu lelenya saya ambil dan saya taruh di bak yang telah diisi air. 

Ternyata beberapa keponakan saya ingin bermain dengan lele tersebut, dan akhirnya saya memberikan tali rafia di kepala lele tersebut agar keponakan saya bisa mengangkat lele jumbo tersebut. Penampakannya seperti di bawah ini.

Lele Jumbo Diangkat 

Setelah puas lele tersebut dibuat mainan oleh keponakan saya. Akhirnya lele tersebut kami kembalikan lagi ke kolam tetangga saya.

Sekian cerita tentang lele jumbo, cerita ini bukan fiksi cerita ini adalah real.
Saya menceritakan ini buakn karena apa apa.
Saya hanya ingin mengungkapkan bagaimana perasaan saya yang kepingin merasakan lele goreng berukuran jumbo, hehe

Sekian, hatur nuwun

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top