Tips dan Panduan Dalam Interview Pekerjaan

Pekerjaan adalah sebuah pelengkap dalam kehidupan. Tanpa pekerjaan saya rasa hidup kita pasti ada yang kurang. Baik kurang secara immateri maupun kurang secara materi. Jadi alangkah bahagianya seseorang yang mempunyai sebuah pekerjaan, baik itu pedagang, karyawan, petani, nelayan, dan lain sebagainya.

Di dalam mencari suatu pekerjaan secara formal di sebuah kantor ataupun perusahaan. Terkadang terdapat salah satu sesi yang dinamakan dengan sesi interview. Sesi tersebut merupakan sesi tanya jawab antara pelamar pekerjaan dengan perwakilan perusahaan atau bahkan dengan pemilik perusahaan secara langsung.

Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan dan sedang mempersiapkan untuk interview. Di bawah ini adalah Tips dan Panduan Dalam Interview Pekerjaan yang digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai siapakah pelamar kerja yang sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.

1. Capability atau Kapabilitas

Kapabilitas yang dimaksud meliputi kemampuan nalar, kecerdasan, dan juga cara berpikir yang sistematis. Hal ini bisa dilihat dari nilai nilai di ijazah dan juga tes kemampuan akademis. Contohnya adalah jika perusahaan ingin merekrut seorang tenaga adinistrasi yang pintar dan cerdas, maka hal tersebut bisa dilihat dari nilai ijazahnya serta nilai kemampuan akademis dari pertanyaan yang diberikan oleh perwakilan perusahaan.

2. Capasity atau Kapasitas

Yang dimaksud dengan kapasitas adalah kemampuan pelamar kerja dalam menyelesaikan suatu permasalahan (problem solving), menghadapi beban kerja yang cukup tinggi, serta kemampuan untuk membuat prioritas dalam pekerjaan. Dalam hal ini kapasitas ditunjukkan dengan pengalaman pelamar kerja dalam berorganisasi.

Ketika interview kerja, biasanya menggunakan pertanyaan "Apakah Anda pernah ikut dalam organisasi?". Dan apabila menjawab iya, maka akan segera ada pertanyaan lanjutan "Apakah Anda pernah menghadapi sutau permasalahan dalam organisasi tersebut, jika pernah tolong jelaskan bagaimana Anda menyelesaikan permasalahan tersebut?". Jadi semakin jelas dan logis jawaban kita, maka kapasitas kita juga akan semakin tinggi.

3. Charakter atau Watak

Selain kapabilitas dan juga kapasitas, dalam interview kerja juga akan dilihat watak serta karakter Anda. Hal tersebut meliputi sikap Anda, sopan santun Anda, serta keadaan Anda ketika sedang dilangsungkan interview. Jadi ketika interview, Anda juga harus mengedepankan etika dan sopan santun, baik dalam hal berpakaian, maupun dalam hal berbicara saat menjawab pertanyaan ketika interview.

4. Credibility atau Kredibilitas

Kredibilitas adalah suatu sikap bahwa Anda bisa dipercaya untuk mengerjakan tugas yang nanti akan Anda kerjakan di perusahaan tersebut. Hal ini memang ditunjukkan dengan seberapa pengalaman pekerjaan Anda. Namun jika Anda belum memiliki pengalaman satupun, maka hal ini bisa dilihat dari teori teori yang Anda ketahui tentang pekerjaan tersebut.

5. Creativity atau Kreativitas

Yang dimaksud kreatif dalam bekerja adalah Anda memiliki kemampuan khusus untuk melaksanakan pekerjaan dengan cara cara lain yang lebih efisien serta lebih efektif. Jadi dalam melaksanakan pekerjaan, Anda memang harus sesuai dengan SOP yang ada, namun kadangkala dalam hal hal tertentu dan mendesak, Anda harus bisa melakukan hal hal kreatif namun tetap sesuai dengan aturan di perusahaan.

6. Compatibility atau Kompatibel

Dalam pekerjaan, tidak mungkin Anda akan bekerja sendiri. Pastinya Anda akan bekerja dengan banyak orang dan mau tidak mau Anda harus bekerjasama dengan semua orang di pekerjaan Anda. Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang yang egois dan sulit bekerjasama dalam tim, Anda harus merubah sikap Anda tersebut jika Anda ingin bekerja dalam suatu perusahaan.

7. Comitment atau Komitmen

Selain 6 kemampuan di atas, hal yang tidak kalah penting adalah adanya komitmen dari Anda. Komitmen bisa diartikan bahwa Anda benar benar ingin mengabdi pada perusahaan dengan cara bisa mengemban tugas dengan baik dan memiliki keinginan untuk bersama sama membangun dan memajukan perusahaan.

Demikianlah Tips dan Panduan Dalam Interview Pekerjaan. Jadi jika Anda ingin melaksanakan interview pekerjaan, maka persiapkanlah diri Anda, karena dari interview itulah ketujuh poin di atas akan dinilai tentang kelayakan Anda untuk bekerja di perusahaan atau kantor tempat Anda interview kerja.

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

16 komentar:

  1. terima kasih tipsnya...memang komitmenlah yang paling pnting menurut saya, karena dari sana bisa mengukur loyalitas kita terhadap pekerjaan yang diinginkan...

    oya, mohon maaf bisa minta bantuan untuk mengisi kuesioner penelitian saya. bisa diakses melalui link berikut http://goo.gl/TtxTqf

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. komitmen memang yang terakhir mas, dengan ke-6 hal tersebut kalau tanpa komitmen perusahaan pasti akan pikir2 untuk merekrut seseorang

      saya sudah bantu ngisi kuisioner tadi mas

      Delete
  2. aku jarang ngelamar kerja terkendala ijasah
    lebih sering dilamar orang makanya lebih santai kalo interview, apalagi kalo tawar menawar gaji, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang enak emang gitu mas, punya skill n pengalaman jadi lebih sering dikasih pekerjaan

      Delete
    2. tapi repot, om
      ga banyak pilihan dan jarang bisa di kantor
      kebanyakan di proyek yang jauh di pedalaman, hiks..

      Delete
    3. ya uang dari pedalaman di tabung mas, nanti bisa dipakai untuk usaha sendiri trus buat kantor sendiri atas nama sendiri

      kan akhirnya punya kantor mas :D

      Delete
  3. sippp deh tipsnya, walaupun skr sudah tidak kerja lagi tapi tetap bermanfaatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat bekal nasehat untuk anak anaknya mbak kalo udah mau kerja ntar :D

      Delete
  4. Boleh juga tips-nya.
    Sering banget gagal dalam tes interview.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang interview itu gampang gampang susah mas :D

      Delete
  5. semoga tipsnya bermanfaat bagi yang membutuhkan, ya :)

    ReplyDelete
  6. Bahasanya berat ya, banyak istilahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa kilo mas beratnya, hehehe

      maklum mas, lagi pengen buat postingan yg agak berat :D

      Delete
  7. selama ini aku dapet pekerjaan belum pernah mendapat interview yang serius begitu
    tapi ujung2nya geje kerjanya :D
    sepertinya emang harus cari perusahaan yang bener2 bener
    #malahcurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk, memang gampang2 susah juga mas nyari perusahaan atau tempat kerja yg serius dalam tahap interviewnya

      sekali dapet yg serius, malah ntar kitanya yg klepek2 di bagian interview :D

      Delete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top