Isu Islam vs Kristen Bukan Adu Domba Ala Yahudi

Isu Islam vs Kristen Bukan Adu Domba Ala Yahudi - Beberapa hari yang lalu, ada seorang teman mengirimkan sebuah artikel yang dia ambil dari situs media online. Awalnya saya acuh tak acuh dengan artikel tersebut, dan kemudian dia mengirimkan kembali pesan tersebut. Di artikel tersebut disebutkan bahwa saat ini sedang marak sekali Kristenisasi umat Islam di beberapa tempat di seluruh Indonesia, dan saya rasa hal ini adalah poin yang mungkin ingin disampaikan teman saya tersebut.

Sebagai seorang warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi nilai nilai Pancasila, saya terus terang tidak ingin berdebat mengenai masalah tersebut. Karena menurut saya isu Islam vs Kristen mungkin hanyalah sebuah tulisan seseorang yang ingin mengadu domba lewat media media online. Jadi tentunya kita harus berpikir dengan hati dan juga dengan nurani, bukan hanya memikirkannya dari segi logika saja.

Saya sendiri memang bukanlah seorang ahli agama maupun seseorang yang sangat paham betul mengenai agama. Namun saya memiliki sebuah pendapat bahwa sebuah agama pastinya akan mengajarkan kepada kebenaran. Dan disitu terdapat 3 faktor utama, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, serta hubungan manusia dengan alam sekitar. Ketiga poin kebaikan itu tentunya diajarkan oleh setiap agama, agar umatnya menjadi umat yang berada di jalan kebaikan.

Menanggapi Isu Islam vs Kristen Bukan Adu Domba Ala Yahudi, saya sendiri memilih netral. Saya tidak ingin ikut ikutan dengan isu tersebut. Saya tidak mau menganggap ini yang salah dan ini yang benar. Saya hanya ingin berada di posisi netral dengan beribadah yang baik kepada Tuhan serta memiliki hubungan yang baik kepada sesama manusia dan juga alam sekitar. Saya rasa hal itu yang pernah dipesankan oleh Guru Agama saya ketika saya masih bersekolah dulu.

Mari kita mencoba berpikir dengan hati dan juga dengan nurani. Jangan hanya menggunakan logika dan juga mendewakan panca indera kita saja. Karena pandangan kita dan pendengaran kita mungkin justru akan membuat kita menjadi semakin skeptis dalam berfikir. Sehingga akhirnya kita akan menjadi salah satu korban dari adanya berita berita yang gak masuk akal yang justru akan memecah belah masyarakat sosial kita yang sebelumnya telah berada dalam kondisi yang aman dan sejahteera.

Agama bukanlah sesuatu alasan yang mengharuskan kita menjelek-jelekkan agama yang dianut oleh orang lain. Seharusnya agamma justru menjadi jembatan, agar kita bisa bertoleransi kepada umat lain yang berbeda agama dengan kita. Karena agama adalah sebuah hak asasi yang paling asasi yang diberikan secara khusus oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga mulai sekarang kita bisa memahami indahnya perbedaan dan juga berupaya untuk menjaga kedamaian di dalam sebuah perbedaan. Karena berbeda itu bukanlah suatu alasan untuk membuat kita tercerai berai. Justru dengan perbedaan itu kita harus bersatu untuk memperbaiki kualitas hidup, namun tetap sesuai dengan agama yang kita anut.

Sekian artikel mengenai Isu Islam vs Kristen Bukan Adu Domba Ala Yahudi. Semoga dengan adanya perbedaan justru membuat kita semakin bisa bertoleransi dengan baik.

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

7 komentar:

  1. kalau saya cuek mas soal isu agama. takutnya isu itu dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  2. Bukankah perbedaan itu merupakan suatu anugerah yang harus disyukuri dengan saling menghormati ?

    Salam,

    ReplyDelete
  3. Saya sangat setuju dengan kalimat diakhirnya. Perbedaan akan membuat kita bisa menciptakan rasa toleransi antar umat beragama.

    Salam,

    ReplyDelete
  4. agak rawan juga kalau ngomongin agama. saya pernah nulis tentang agama, niat saya cm bilang kalau ini urusan masing2 individu, eh ada yg kesindir. penyampain saya salah kali' ya, kudu nyontoh kamu^^ trims udah berbagiii

    ReplyDelete
  5. permasalahannya kristenasisasi ini disampaikan oleh mantan pendetan yang telah masuk isalam dimana dulu pernah menjadi kader kristenasisasi

    ReplyDelete
  6. itulah eknapa saya suka males bicara agama. Rawan salah tangkap. Masih suka ada yang nanggapinnya secara emosi

    ReplyDelete
  7. Tulisan yg sangat bagus. Saya setuju.

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top