Cara Mengajarkan Anak Untuk Beribadah Sholat Sejak Kecil

Cara Mengajarkan Anak Untuk Beribadah Sholat Sejak Kecil memang gampang gampang susah. Apalagi jika kita adalah keluarga baru dan baru memiliki anak pertama. Selain faktor tersebut, fakta bahwa anak anak tidak bisa dikerasi dan juga anak anak memang lebih suka bermain akan membuat proses mengajarkan beribadah menjadi sedikit lebih sulit.

Sebagaimana peribahasa, buah jatuh memang tidak akan jauh dari pohonnya. Jadi jika orang tua mengajarkan yang baik baik serta memberikan contoh untuk beribadah dengan rajin dan taat. Maka tentulah hal tersebut akan dicontoh oleh sang anak sehingga anak kita juga akan mulai belajar untuk beribadah sejak dini.

Namun, meskipun para orang tua sudah mengerti bagaimana cara mengajarkan anak untuk ibadah sholat sejak kecil. Terkadang hal ini tetap saja menjadi masalah dan kita akan mendapati fakta bahwa anak kita akan tetap susah diajak untuk beribadah, baik itu sholat maupun membaca Al-Quran.

Berikut ini adalah beberapa tips yang sudah diterapkan oleh orang tua saya kepada saya dan adik adik saya agar kami sudah bisa beribadah sholat sejak kecil :

1. Mengajak Anak Untuk Beribadah Sholat

Ketika orang tua sedang sholat, seharusnya kita mengajak anak kita untuk ikut sholat. Jangan malah membiarkan anak asyik menonton televisi maupun asyik bermain game di gadget. Hal ini bertujuan agar anak kita sesegera mungkin mengenal ibadah sholat, baik itu dari waktunya sholat yang jumlahnya 5 kali selama satu hari serta gerakan gerakan sholat dari takbiratul ihram sampai tasyahud akhir.

Sebaiknya orang tua tidak acuh tak acuh, karena hal ini sangat penting bagi psikologi serta pembelajaran bagi anak. Karena dengan mengenalkan sholat sejak kecil maka hal ini akan menjadi contoh yang baik untuk anak kita agar segera mengenal kapan waktu sholat dan juga bagaimana gerakannya. Untuk bacannya tentunya harus perlahan, baik itu kita ajarkan sendiri maupun dengan pelajaran di sekolah maupun TPQ (Taman Pembacaan Al-Quran).

2. Mengajak Anak Untuk Mengenal Pakaian Sholat Sejak Dini

Sebagaimana syarat sah sholat, menutup aurat adalah hal yang wajib dan harus dilakukan. Untuk itu, mengenalkan pakaian sholat kepada anak juga menjadi hal yang penting. 

Jika kita memiliki anak laki laki, maka kita harus mengenalkan cara menggunakan sarung ataupun baju busana muslimuntuk laki laki serta penggunaan kopyah atau peci.

Jika anak kita perempuan, maka kita harus mengenalkan penggunaan rukuh untuk sholat.

3. Mengajari Anak dengan Melihat Karakter Anak dan Pendekatan Dari Orang Tua

Berdasarkan fakta yang terjadi pada saya dan adik saya, ibu saya mengatakan bahwa mengajarkan ibadah kepada saya dan adik saya lebih mudah kepada adik saya yang notabene perempuan. Ibu saya mengatakan bahwa adik saya lebih mudah diajak karena lebih dekat dengan ibu, sedangkan saya lebih sulit karena saya memang tidak terlalu dekat dengan ibu ketika kecil.

Melihat fakta tersebut, dapat kita simpulkan bahwa hubungan kedekatan antara orang tua ke anak akan sangat diperlukan jika kita ingin mengajarkan anak beribadah sejak kecil. Jadi sebagai orang tua tentunya harus cukup dekat dengan anak agar jika kita mengajak anak untuk beribadah hal tersebut akan menjadi lebih mudah.

4. Telaten, Sabar dan Berdoa

Poin keempat ini adalah poin yang harus selalu dimiliki oleh orang tua dalam rangka mengajarkan sesuatu kepada anak. Baik dalam hal beribadah, belajar untuk pelajaran di sekolah, maupun dalam hal yang lain. Sebagai orang tua memang harus telaten dan sabar dalam mengajar, karena memang tidak mudah menjadi seorang orang tua (begitu kata ibu saya ketika memberi wejangan ke saya). 

Selain itu, tidak lupa juga harus selalu mendoakan anak agar menjadi anak yang sholeh sholihah setiap selesai beribadah. Hal ini tentu saja bertujuan selain kita berusaha maka diharapkan dengan adanya doa tersebut anak kita akan lebih cepat dalam proses pengajaran beribadah sholat sejak kecil.

Demikian artikel saya mengenai Cara Mengajarkan Anak Untuk Beribadah Sholat Sejak Kecil. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Bagi Sahabat yang memerlukan perlengkapan untuk beribadah untuk putra putrinya. Bisa segera menuju ke lapak Kakak saya yang kebetulan berjualan sarung serta mukena untuk anak anak.

Berikut contoh barangnya :

1. Sarung Instan, Baju Koko dan Peci Untuk Balita Putra


2. Mukena Untuk Balita Putri

Cara Mengajarkan Anak Untuk Beribadah Sholat Sejak Kecil


Untuk informasi yang lebih lengkap
Silahkan silahkan mengunjungi website berikut

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

4 komentar:

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top