Hayo... Tumbuhan Apa Ini


Selamat pagi kawan blogger sekalian,

Setelah semalaman saya mengerjakan skripsi, akhirnya saya KO juga. Pagi pagi perut udah laper dan akhirnya memutuskan untuk sarapan lebih awal. Dan yang menjadi korban pertama adalah mie instan yang selalu tersedia di lemari saya.

Skripsi saya memang spesial, mungkin bagi Anda yang mengerti Etnobotani atau Etnofarmasi, Anda pasti akan menganggap tema ini bukan sesuatu yang sulit. Tapi bagi saya yang newbie dalam penelitian ini lumayan tersengal sengal ketika menemui nama tumbuhan yang aneh dan sama sekali belum pernah saya dengar. Bahkan ketika mencari di mbah google pun, mbah goole ikutan nggak tahu. 

Trus guwe harus tanya siapa????

Kata orang sih kalo nggak tahu ya tanya temen terdekat atau baca buku di perpustakaan. Untuk opsi yang kedua, nanti siang saya baru bisa ke perpustakaan untuk pinjem buku. Karena sekarang saya mau ngecek keberadaan buku tersebut di digital library nya unej di sini.

Lalu untuk opsi yang pertama, sekedar untuk mengecek pengetahuan sobat blogger tentang beberapa tumbuhan yang menjadi bahan penelitian saya di Tengger. Saya akan memberikan list tumbuhan kemudian kawan blogger silahkan menghitung ataupun berkomentar sesuka hati. Namanya juga pengen nanya ke sobat blogger di mana saja Anda berada, hehe

Biar nggak lama lama, langsung deh ini listnya, saya bagi jadi 2 list, yang biasa sama yang anti biasa, kira kira Kawan blogger tahu tanaman tersebut atau nggak. ^^

List Tumbuhan yang Biasa

1. Adas
2. Dringu
3. Lempuyang
4. Kapulaga
5. Lampes
6. Tebu Merah
7. Temu Giring
8. Sawi Hitam
9.  Pace / Mengkudu
10. Kemlandingan / Lamtoro


List Tumbuhan yang Anti Biasa (Kayak Pak Mars)

1. Ketiu / Tempuyung
2. Cabe Terong
3. Grunggung
4. Jambu Jono
5. Jagung Merah
6. Sempretan
7. Pronojiwo
8. Jenggot Wesi
9. Kentang Merah
10. Lobak Tengger

Kira kira di daerah kawan blogger berasal ada nggak ya tumbuhan tersebut. Mungkin teteh Nchie Hanie dari Sunda ato Kak Akin dan Kang Asep dari kampung Borneo bisa membantu saya. Atau mungkin Mimi dari kampung Sumatra dan juga Kapten Blogcamp juga bisa membantu saya.

Semoga kawan kawan bisa menguji pengetahuan tentang tumbuhan obat tradisional Indonesia. Dan apabila butuh bantuan untuk menghitung berapa persen yang kawan blogger tahu, saya pinjemin Kalkulator ^^. Gak papa kok kalo kalkulatornya dibawa pulang, hehe

Terima kasih ya, semoga bermanfaat

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

34 komentar:

  1. Wuaduuuhh...
    Emang langka tumbuhan2 itu yak? Maksudnya namanya aja yang asing, tapi pasti deh tumuhan tsb sebenarnya ada di sekitar kita.

    Belum adanama latinnya semua ya,Mas? Jadi penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada nama latinnya kok mas, dari 20 itu yang saya belum tahu pasti ada 4 tumbuhan aja ^^

      makasih mas udah mampir ^^

      Delete
  2. Yang biasa aja kagak ngarti aku... apalagi yang bawahnya haha...
    Oya anyway, kedetect malware mas blogmu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Orin

      dari tadi juga kedetect, gmna ya caranya nyari script yg jadi malware

      Delete
    2. di ane ga kedetect malware tuh ? Admin blog Tebak Ini Siapa antivirusnya avast yah ?

      Delete
    3. waduh, salah nama nih, maaf ya buat mbak/mas Tebak ini siapa ^^

      sudah saya atur tadi scriptnya, sudah nggak kedetect malware lagi kok

      Delete
  3. beuh kalau saya disuruh skripsi tentang ini nyerah deh, ampuuun
    maklum saya orang ekonomi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk, sama mas, kalo saya disuruh buat skripsi perkembangan ekonomi suatu desa, saya juga nggak bisa, peace ^^

      Delete
  4. saya cuma kenal Lempuyang, Mengkudu dan Lamtoro.Yang lainnya ga kenal! Tapi jangan2 tanaman2 itu ada di halaman rumahku ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga ada di sana mbak popi ^^

      Delete
  5. Waduh...ga ngerti blas sayah *ngumpet*
    yg biasa aja ga tau, apalagi yg anti biasanya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak useh ngumpet mbak Orin ^^
      gpp kok

      gak sampek dihukum kok sama bu guru ^^

      Delete
  6. Waduh.... kalau nama tumbuhannya yang aneh2 nggak tahu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, terima kasih udah memutar otak untuk pertanyaan saya ^^

      Delete
  7. dringu, lampes, temu giring. nggak tau
    yg lsinnya tau nama tapi pohonnya belum tentu pernah lihat
    untuk list kedua yg pernah dengar namanya cuma dua doang,
    coba tanya kajol si gerhana coklat dari farmasi atau mas alamendah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak monda, terima kasih sarannya

      btw, gerhana coklat itu blognya apa mbak?

      Delete
  8. hanya pernah melihat sekitar 40%-an, lainnya baru sebatas dengar sadja

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan mas, sudah 40%

      awalnya saya malah nggak tahu sama sekali

      Delete
  9. wadew byk sekali listnya , byk yg namanya asing buatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih banyak hidup di kota mbak ely, jadi nggak tahu nama nama tanaman di desa ^^

      Delete
  10. wah bener bener unik namanya ya, Tapi kalaw yang namanya Lamtoro sama Lenpuyang sih saya sering dengar. Tapi bentuk dan rupanya saya kurang hafal. Saya aja kalaw beli belanjaan ke Pasar suke ketuker mana yang bayam, kangkung dan daun singkong. Hiehiheiheiheie ih jadi malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti lain kali kalo belanja ngajak istrinya saja kang Asep, biar nggak salah dan nggak dimarahi sama istrinya ^^

      Delete
  11. kali aja ada di sekitar kita dengan nama laen...
    yah, beda kalo sekalian ente kasih ilustrasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngasih ilustrasi gambar nanti tambah berat mas buka blognya ^^

      Delete
  12. Replies
    1. jangan lama lama mikirnya mbak enny, nanti keburu laper ^^

      Delete
  13. Klo nanya ke diriku sih pada gak tahu. Cuman pernah denger doang. Coba tanya ibu-ibu PKK yang punya toga (tanaman obat keluarga) deh. Setahuku dulu ibu-ibu pkk suka nanem taneman-taneman itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh mas, di tempat saya nggak ada PKK tentang toga, kebanyakan PKK nya ngrumpi sama emak2 yang lain ^^

      Delete
  14. Dari kelp I yg aku pernah tahu cuma Adas, Pace n Lamtoro. Utk kelp yg kedua... gak ada! haha.. parah deh gw.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lumayan deh mbak, yang penting udah tahu sedikit ^^

      mkasih mbak udah utek2 pengetahuan di kepala

      Delete
  15. Wah wah.. di tempat saya di kalimantan selatan cuma ada beberapa tumbuhan yg disebut kan diatas huhuhu

    oh ya, salam kenal ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah nangis mbak, yang penting masih ada yang melestarikan tumbuhan tersebut ^^

      salam kenal juga buat mbak shovya ^^

      Delete
  16. kl yg daftar anti biasa itu sy nyerah deh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum belum sudah nyerah ^^

      semangat bunda ^^

      Delete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top