5 Cara Diet yang Baik dan Benar

Selamat beraktivitas para sahabat blogger,

Akhir akhir ini memang banyak orang mengalami kebingungan mengenai ukuran proporsional dari tubuh. Banyak orang merasa dirinya terlalu kurus, terlalu gemuk, kurang langsing, kurang ini dan kurang itu. Padahal sebenarnya sudah banyak dituliskan dalam media massa ataupun elektronik mengenai bagaimana tubuh yang ideal itu.

Pada beberapa literatur disebutkan bahwa tingkat obesitas itu ditentukan oleh Body Mass Index (BMI). Dimana pengukuran BMI didasarkan pada massa tubuh dibagi kuadrat dari tinggi badan. Jika nilai lebih dari 30, maka dapat disimpulkan bahwa tubuh mengalami obesitas.

5 Cara Diet yang Baik dan Benar

Kalau mendengar istilah obesitas, pastilah kita akan kaget bila obesitas itu terjadi pada diri kita. Selain karena rawan terhadap beberapa penyakit, kondidi obesitas juga akan menyulitkan gerakan kita, sehingga kita menjadi mudah capek dan mudah sekali timbul rasa penat hingga akhirnya membuat kita sering istirahat dan tiduran saja setiap harinya.

Untuk itulah, disini saya akan memberikan beberapa tips diet yang mudah dijalankan oleh Anda semua. Baik yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, pegawai kantor, atau profesi yang lainnya.

1. Menu Makan Harian

Pada kondisi diet, bukan berarti Anda harus mengurangi menu makanan mengandung karbohidrat atau lemak, tetapi Anda perlu mengaturnya dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bagi yang berprofesi sebagai seseorang yang ekstra berkegiatan atau lebih banyak aktif daripada duduk duduk saja, lebih baik mengkonsumsi karbohidrat dan lemak yang sedikit berlebih. Namun bagi Anda yang lebih banyak duduk saja, lebih baik Anda mengurangi porsi lemak dan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan yang mengandung protein.

2. Intensitas Makan

Seringkali kita mendengar bahwa diet itu harusnya makan sekali sehari. Namun bagi saya itu namanya bukan diet, itu namanya menyiksa diri, hehe. arena seperti kita ketahui, hidup memang butuh makan, namun bukan makan yang berlebihan, tetapi makan secukupnya saja.

Jadi apabila kita ingin merasakan diet, maka kita harus mencoba makan sebanyak 2-3 kali sehari, namun tentu saja porsinya harus disesuaikan, kalo bisa perbanyak lauk berprotein tinggi seperti tahu, tempe, dan telur. Serta mengurangi porsi karbohidrat dan lemak.

3. Bangun Pagi dan Olahraga Ringan

Bagi Anda yang memang ingin benar benar diet, upayakan untuk selalu bangun lebih pagi dari biasanya kemudian melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti senam, jogging, maupun hanya jalan kaki di sekitar areal rumah. Selain dengan tujuan membakar lemak jenuh di dalam tubuh, aktivitas tersebut juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan lebih bugar untuk aktivitas harian kita.

4. Upayakan Makan Malam Sebelum Jam 6 Petang

Ini mungkin salah satu opsi yang agak sulit, karena sebagian dari kita terkadang sudah biasa untuk makan malam di atas jam 6 petang. Berdasarkan ilmu biologi tentang asupan makanan, umumnya makanan dicerna dalam lambung memerlukan waktu 3-5 jam. Jadi apabila kita makan di atas jam 6 petang dan kemudian istirahat pada jam 9 malam, maka asupan makanan yang kita makan tadi akan disimpang di dalam jaringan lemak tubuh kita. Dan artinya perlu olahraga ekstra untuk membakar lemak tersebut.

5. Stop Nyemil

Ini juga salah satu pantangan bagi Anda yang ingin diet. Nyemil atau sering dinamakan sebagai makan makanan yang kurang mengenyangkan adalah salah satu aktivitas yang membuat tumpukan lemak di tubuh Anda. Jadi apabila Anda sudah terbiasa nyemil, silahkan Anda kurangi kebiasaan tersebut agar tumpukan kolesterol di tubuh Anda menjadi berkurang sehingga program diet Anda bisa sukses.

Itulah beberapa tips diet bagi Anda yang merasa ukuran tubuh Anda terlalu gemuk dan kurang proporsional. Semoga sukses dengan program dietnya...

Terima kasih dan semoga bermanfaat



Artikel Catatan si Boll Lainnya :

53 komentar:

  1. Artikelnya bagus banget gan, sebuah pencerahan atas pemahaman kita tentang diet dan obesitas. moga tips2nya bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas acis... salam kenal mas :D

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. gue anti diet! nyimak aja deh ea... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, saya juga anti diet, karena badan masih kurus, hehehe

      Delete
  3. wah salah masuk...
    aku harusnya cari tips cara menggemukan badan yang baik dan benar
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah, kalo mau menggemukkan badan, ya jelas kebalikan dari cara cara diet dong om rawins, hehehe

      dunia ini penuh dengan sisi yang berkebalikan, :p

      Delete
  4. Sepertinya banyak org Indonesia yang salah paham soal Diet. Diet diartikan mengurangi makan, padahal yang benar kan mengatur makan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju mas, terima kasih sudah berkunjung di sini

      Delete
  5. makan malam nih saya yg blm tertib :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum tertib, minta tolong satpol PP mbak myra untuk proses penertiban, hehehe :)

      Delete
  6. thx 4 the article.... Sangat membantu

    ReplyDelete
  7. stop nyemil ini yang susah... klo nggk ngemil rasanya kecut.

    ReplyDelete
  8. hal yang utama adalah niat, tanpa niat semua cara diatas akan susah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. btw informasi yang menarik dan patut dicoba.

    ReplyDelete
  9. makasih mas tips nya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  10. Saya coba gan cara cara di atas , semoga bisa langsing hehe ,, dan benar , diet bukanlah tidak makan tapi mengurangi makan he, kalau ga makan kasian perutnya laper :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa segera langsing mbak, hehe

      Delete
  11. Hmm..
    artikel yang cukup menarik untuk bisa qt coba terapkan..

    ReplyDelete
  12. semoga bermanfaat bagi pembaca yang ingin segera menurunkan berat badannya..

    ReplyDelete
  13. Yang terpenting bukan mengurangi makannya tapi mengatur pola makan..
    karena jika mengurangi makan khawatir yang ada malah menimbulkan penyakit maag..

    ReplyDelete
  14. olahraga yang paling sangat mendukung perubahan berat badan,,
    karena olahraga dapat membakar lemak dan membentuk badan jauh lebih bagus..

    ReplyDelete
  15. ayoo...
    mulai dari sekarang atur pola makan,tak lupa pula rajin olahraga..

    ReplyDelete
  16. Yang susah itu mengatur pola makan malam,,
    apalagi untuk karyawan kadang pulang kantor sudah malam..
    dan akhirnya makan malam kadang di atas jam 8..

    ReplyDelete
  17. Ngemil tidak apa-apa asalkan mengkonsumsi yg ringan-ringan saja..

    ReplyDelete
  18. I for all time emailed this blog post page to all my contacts, since if like to read it next my friends will too.


    Feel free to visit my webpage :: only the best review

    ReplyDelete
  19. Aw, this was a really nice post. Spending some time and actual
    effort to generate a good article… but what can I say… I put
    things off a lot and don't seem to get anything done.

    Feel free to surf to my blog only the best review

    ReplyDelete
  20. terimah kasih tips dietnya. sy pernah mendengar tips yang ke 5 paling berpotensi membuat orang gemuk...

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. makasih gan infonya ....dan klo untuk senam(olahraga) yg bagus untuk diet itu olahraga apa ya?
    dan klo untuk beli baju senam murah di surabaya itu dimana ya...tempatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh bro, saya gak pernah beli baju senam di sby, hehe

      Delete
  23. infonya bgus ne, bsa menambah pengetahuan biar g slah dalam berdiet...
    tetep sehat walau berdiet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat ya...

      terima kasih udah mampir :D

      Delete
  24. Yang paling susah dilakuin buat saya adalah berhenti nyemil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga gitu, soalnya nyemil emang nggak bisa langsung buat kenyang, jadi nambah dan nambah terus, hehe

      salam kenal dari saya

      Delete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. makan sblm jam 6, sorry.. itu agak susah e.
    dan kebiasaan, kl malam pasti lpar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. diet juga butuh pengorbanan :D

      jadi kalo memang serius ingin diet ya harus berani metana pola makan

      Delete
  27. Banyak puasa juga diet yang bagus

    ReplyDelete
  28. Tipsnya boleh juga bagi yang megalami kegemukan. Dengan mangatur pola makan yang benar maka kita bisa melakukan diet secara benar untuk kesehatan kita ya Sob.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. pola makan merupakan salah satu kunci sukses diet mas, selain pola makan juga pengaturan gizi yang baik

      hal ini seperti dilakukan oleh para atlit olahraga di luar negeri

      Delete
  29. Nah, info nya cocok buat saya ini Mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba mbak, semoga sukses dietnya :D

      Delete
  30. Kayaknya gak perlu diet deh,soalnya aku masih kurus! XD.
    gan,izin copas boleh gak?
    Buat tugas nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbak, jangan lupa cantumin sumbernya juga :D

      Delete
  31. O iya nambah satu lagi sob, perbanyak minum air putih :)

    Nice info, keep update ya :)

    ReplyDelete
  32. hari ini memang penampilan jadi lirikan nomor satu, mari coba cara nyaman mencegah gemuk dengan coklat valentine selamat mencoba coklat valentine nya :)

    ReplyDelete
  33. Mksh ms bro . Info ny sangt bagus n bermangfat. Klu qk mkn 1x sehari sisa ny . Gk jelas mkn ap . It pun qk mkn nasi ny sdikit ngt . Tp msh aj gemuk
    Tp setelh nur bc info in . Nur harus lebih semangt lg olahraga. Hehehehehe

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top