Menu Buka Puasa - Cara Membuat Es Puter

Selamat beraktivitas sahabat Noteboll sekalian,

Sudah 2 hari nggak memposting tulisan karena mudik dan di rumah memang pengen bersantai santai dan menikmati liburan bersama keluarga di rumah. Maklum, bukannya nggak ingin memproduksi tulisan, namun apa daya waktu di rumah memang pas untuk dinikmati apalagi dalam suasana ramadhan seperti saat ini.

Dalam postingan ini, saya akan memberi sedikit oleh oleh saya dari pulang kampung kemarin. Karena kebetulan pas saya pulang ke rumah, adek saya mengajak untuk membuat es puter. Untuk itu saya akan membagikan Cara Membuat Es Puter yang praktis dan sederhana.

Sebelum saya menjelaskan Cara Membuat Es Puter, mari menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat :
  1. Termos Es
  2. Wadah Alumunium + tutup
  3. Sendok
Bahan :
  1. Es Batu
  2. 600 ml susu (boleh susu kental manis + air, boleh susu sapi yg sudah masak)
  3. 450 ml santan kelapa
  4. Gula cair (200 gram gula pasir yang sudah dicairkan)
  5. Sirup secukupnya (sebagai perasa)
  6. Nutrijel 1 bungkus kecil
  7. 1 kg garam kasar (garam grosok)
Setelah alat dan bahan tersedia, segera mempraktekkan cara embuatan es puter berikut.
  1. Siapkan termos es, isi dengan es batu dan garam grosok secukupnya sebagai pendingin.
  2. Siapkan wadah alumunium, masukkan susu, santan, gula cair, sirup, dan nutrijel. Aduk sampai merata kemudian tutup rapat wadah alumunium tersebut.
  3. Setelah wadah alumunium ditutup, masukkan wadah tersebut ke dalam termos yang sudah berisi es dan garam tadi.
  4. Putar wadah alumunium tadi hingga adonan mengental dan membeku. (Tambahkan es batu dan garam jika kurang dingin).
  5. Jika adonan telah membeku berarti es puter siap dihidangkan.


Cara membuat es puter
Es Puter dalam Wadah Alumunium yang siap dihidangkan
Begitulah Cara Membuat Es Puter yang mudah dilakukan oleh siapa saja. Jadi bila menginginkan minuman yang segar untuk Menu Buka Puasa. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bagi anda yang masih bingung mengapa es tersebut bisa dinamakan es puter? Anda sekarang tidak perlu bingung lagi. Karena nama tersebut berasal dari cara pembuatannya yang memang diputer puter di dalam termos agar membentuk adonan es yang merata dan mengental.

Demikian postingan Cara Membuat Es Puter oleh Catatan si Boll. Terima kasih dan semoga bermanfaat.


Artikel Catatan si Boll Lainnya :

18 komentar:

  1. beuh jadi ngiler gini ya..nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ngiler dulu om, masih belum maghrib

      Delete
  2. wah racun nih saat puasa2 gini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan racun mas, ini pengetahuan :D

      kan bisa dipake untuk menu tambahan pas buka mas

      Delete
  3. Kok beralih ke food and drink sam.

    Hahahaaa memanfaatkan moment Ramadhan.

    Hemmm bisa di coba, Es Puter.

    Pas buko wae.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iki blog berbagai macam tipe jas, semua tulisan boleh masuk, hehehe

      oke, nek wes dadi es puter'e kabar kabar yo...

      Delete
  4. Saya nggak punya blender sob. Es puter tapi cara membuatnya di kocok bisa nggak sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat apa blender mas? kan nggak pake blender

      kalau dikocok, nanti namanya jadi es kocok mas, hehe

      Delete
  5. kayaknya gampang, nanti weekend coba bikin ahhhh, makasih mas atas resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas, semoga nanti es puternya jadi dan rasanya ciamik mas darto :D

      Delete
  6. lama bener ga liat es puter sama satu lagi tuh, es goyang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. es goyang iku koyok piye mas??

      nek ditempatku ada lagi es yg aneh, namanya es mambu...

      Delete
    2. kalo es puter kan biasane pancine eh kok pancine apa sih itu tabung tempat esnya diputerputer. kalo es goyang ga pake tabung. tapi wadahnya kotak dimasukin gerobak dorong. bikinnya gerobaknya digoyang goyang...

      terakhir aku nemu waktu sd tuh, om..

      Delete
    3. wah, kayak'e aku yo pernah liat iku mas, tapi terakhir yo pas SD

      jajanan SD memang gak ada matinya om...

      Delete
  7. Terakhir kapan ya menimati ES PUTER, kayaknya sudah bertahun-tahun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, emang sudah jarang yg buat mas sekarang

      saya nyari di alun alun dan di sekitar jombang udah jarang

      Delete
  8. Replies
    1. kalo nggak punya wadahnya ya bisa menggunakan semacam wadah stainles mbak

      atau pinjam wadah ke tetangga ato sodara juga boleh mbak :D

      Delete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top