Apa Saja Ujian Kehidupan

Ujian memang sebuah langkah yang ditempuh agar kita bisa setingkat lebih tinggi atau setingkat lebih baik dari sebelumnya. Ujian semester diperlukan untuk naik kelas dari kelas 1 ke kelas 2. Ujian SIM juga diperlukan dari awalnya kita belum terbukti bisa mengendarai motor dengan benar menjadi seseorang yang telah legal diakui bisa mengendarai motor dengan benar.

Ujian memang banyak sekali macamnya. Baik ujian dalam bentuk tes tulis, ujian praktek, dan yang paling baru ujian dengan menghadap komputer. Namun ada satu ujian yang mungkin anda sudah pernah merasakannya tapi anda belum tahu namanya, yakni ujian kehidupan.

Ujian kehidupan memang bukanlah ujian yang mudah, karena bentuknya memang berbagai macam. Bisa dengan ujian berupa masalah keluarga, ujian berupa sakit, ujian cekcok dengan teman, dan lain sebagainya. Ujian kehidupan memang memiliki berbagai macam bentuk, namun tujuannya tetap sama, yakni agar fase kita meningkat atau lebih baik dari sebelumnya.

Kondisi lulus atau tidak dalam Ujian kehidupan juga tidak bisa dipatok dengan jelas. Hanya saja hal ini bisa dilihat dari kondisi psikis seseorang dalam menghadapi masalah dan realita dalam kehidupan. Jika dalam menghadapi masalah dia semakin bijak, semakin dewasa dan tidak mudah grusah grusuh, bisa jadi dia adalah salah satu kontestan yang lolos dalam Ujian kehidupan.

Jika anda bertanya apa saja ujian kehidupan, saya akan memberitahukan asal muasal dari ujian kehidupan itu. Ini merupakan sebuah petuah yang saya dapatkan dari ibu saya.

1. Ujian kehidupan dari orang tua / mertua
2. Ujian kehidupan dari anak
3. Ujian kehidupan dari saudara
4. Ujian kehidupan dari tetangga
5. Ujian kehidupan dari rejeki

Hal itu merupakan sebuah asal muasal adanya ujian kehidupan. Kata ibu saya, jika kita telah berhasil melewati kelima ujian kehidupan itu dengan baik. Tentunya kita adalah manusia yang sudah siap untuk meninggalkan dunia ini dengan keadaan yang baik dan telah lulus dari ujian kehidupan di dunia.

Demikian postingan singkat mengenai apa saja ujian kehidupan yang merupakan intisari dari percakapan saya dengan ibu saya beberapa waktu lalu. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

8 komentar:

  1. Lulus ujian kehidupan... akan naik tingkat

    ReplyDelete
  2. Kalau bisa lulus dari sebuah ujian, rasanya makploong ya, Mas.

    ReplyDelete
  3. ujian terbesar justru bagaimana cara kita menganggap semua itu bukan lagi ujian, melainkan bagian dari hidup yang tak bisa kita lepaskan...

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya ada 3 hal yang harus kita pertanyakan, "Apakah ini peringatan? ataukah ini sebuah ujian? Atau ini merupakan sebuah adzab/karma?"

    ReplyDelete
  5. hidup memang ujian. Kaya, miskin, susah senang dan komponen-komponen sejenis yang mengiringi kita entah itu dari diri kita sendiri atau dari luar. Yang kesemuanya memang dimaksudkan apakah dengan kondisi yang kita alami menyebabkan kita semakin mendekat pada Alloh Ta'ala atau justru menjauhinya. Beruntunglah orang-orang yang mampu menempatkan ujian hidup untuk kehidupan yang sebenar-benarnya kehodupan yaitu kampung akhirat

    ReplyDelete
  6. Keberhasilan sebuah ujian hidup itu adalah di mana pada tingkatan kesulitan paling tinggi seseorang dia mampu menolong orang lainnya dalam memecahkan permasalahnaya dengan hati yang ikhlas.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  7. Semoga kita lulus dalam ujian kehidupan ini ya, Kangmas.
    Aamiin....

    ReplyDelete
  8. tiap saat selalu menghadapi ujian di dalam kehidupan ini

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top