Tidak Ada Satpam di Dunia Maya

Apabila kita bertanya “apakah ada satpam di dunia maya?”, maka kita akan menjawab ada. Kalau mau bukti, coba ketik katpam di google image search, pasti akan ada banyak foto satpam disana, hehe.

Paragraf satu di atas adalah sedikit guyonan ringan mengenai keberadaan satpam atau penjaga keamanan di dunia maya ketika kita berinternet. Namun secara pribadi saya berpendapat bahwa dalam dunia internet memang tidak ada satpam. Jadi kalau ada masalah mengenai keamanan ketika berinternet, maka tidak ada lembaga atau tempat untuk melapor. Yang bisa kita lakukan adalah dengan elakukan tindakan preventif untuk mencegah gangguan keamanan dalam berinternet.

Tidak Ada Satpam di Dunia Maya
Secara pribadi saya memang pernah mengalami sedikit masalah dalam internet. Yakni adanya duplikasi konten atau copas 100% isi artikel saya untuk blog lain tanpa menyebabkan sumbernya. Dan hal itu menyebabkan trafik untuk blog saya menjadi berkurang. Dengan permasalahan itu, tentunya saya melaporkan kepada DMCA blog tersebut dan dikabulkan oleh pihak DMCA serta blog yang copas tersebut diberangus oleh pihak google.

Selain masalah di atas, saya sangat bersyukur tidak pernah mengalami masalah dalam berinternet. Baik itu penipuan jual beli atau jasa online serta adanya hack akun akun saya di internet. Sampai saat ini saya terus melakukan tindakan preventif dalam berinternet, tindakan tersebut antara lain :

1. Sebagai calon pembeli barang atau jasa online, saya sering melakukan pengecekan penjual barang atau jasa online di google, apakah orang dengan akun tersebut dapat dipercaya atau tidak. Biasanya saya melihat dari testimoni yang diberikan untuk penjual barang atau jasa tersebut. Serta saya lihat di situs

2. Sebagai seorang content writer, saya juga melakukan pengecekan terhadap orang yang menginginkan jasa saya. Biasanya saya menawarkan artikel saya buat dulu dan uangnya belakangan. Jika dia menawarkan kembali uangnya di depan, maka 99% dapat disimpulkan bahwa calon pembeli jasa saya adalah orang yang serius dan bukan abal abal.

3. Sebagai seorang blogger, saya memang tidak suka jika artikel saya di copas tanpa menyebutkan sumbernya, yakni blog saya. Oleh karena itu, seringkali saya cek beberapa konten saya yang populer di google. Dan bila saya temukan beberapa blog dengank konten yang sama persis, makasaya akan peringatkan pada orang tersebut untuk memberi sumbernya. Jika tidak diindahkan dalam waktu 3 hari, maka saya akan melapor pada DMCA.

4. Sebagai seorang netter, pastinya saya memiliki banyak akun di beberapa website, baik website penyedia email atau website penyedia tools untuk blog saya. Demi keamanan berinternet, saya mengusahakan setiap akun memiliki username password yang berbeda. Dan agar tidak lupa, saya mencatatnya di ms word atau notepad.

Demikian beberapa hal yang saya lakukan demi menjaga keamanan di dalam berinternet, karena memang Tidak Ada Satpam di Dunia Maya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Catatan si Boll Lainnya :

4 komentar:

  1. saya adalah blogger copas, jika blog saya dicopas sudah konsekuensi bagi tukang kopas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ati ati mas, kalau dilaporin DMCA, bisa bisa dihapus tuh blognya dari peredaran :D

      Delete
  2. Jangankan konten BLOG, status di FB ku aja ada yang COPAS seenaknya, rasanya kayak gimanaaaaa gitu Hikz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dunia maya memang banyak sekali tindakan copas mbak, baik blog maupun sosmed

      Delete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top