Manfaat Internet Dalam Bisnis Pulsa


Selamat sore para sahabat sekalian,

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman mengenai pentingnya peranan sosial media dalam dunia bisnis pulas. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa dengan adanya sosial media, lokasi yang jauh pun akan terlihat menjadi dekat, sehingga jangkauan komunikasi kita pun akan menjadi lebih dekat sehingga terasa lebih mudah.


Pada beberapa tahun terakhir ini, saya adalah seorang mahasiswa yang mencoba untuk mencari uang dengan bekerja yang ringan dan tidak mengganggu urusan kuliah saya. Dan yang menjadi pekerjaan sambilan saya yang pertama adalah dengan berjualan pulsa. Karena hal tersebut cukup mudah dan tidak terlalu mengganggu kesibukan saya sehari hari.

Pengalaman Pertama

Pada saat pertama kali saya berjualan pulsa saat itu saya masih berada di semester 3 kuliah saya. Pertama kali berjualan pulsa, saya tidak terlalu memanfaatkan adanya sosial media dan juga fasilitas internet yang ada. Jadi pada saat itu saya menggunakan jasa deposit pulsa yang secara tunai pada jasa deposit all operator di wilayah Jember.

Pada saat tersebut hasil saya memang lumayan banyak, hampir setiap hari menghabiskan sekitar 100rb deposit pulsa. Sehingga setiap harinya saya harus mondar mandir ke kantor tempat saya melakukan deposit pulsa tersebut karena deposit saya sudah habis dan juga terkendala modal yang tidak terlalu banyak.

Pengalaman pertama saya menggunakan jasa deposit offline kira kira bertahan hanya selama sekitar 6 bulan. Saya nggak tahu mengapa saya tidak nyaman dengan sistem deposit offline tersebut, tapi saya merasa capek banget rasanya mondar mandir untuk deposit pulsa. Dan akhirnya saya pun mencoba searching di internet mengenai penyedia jasa deposit pulsa all operator secara online yang bagus dan berkualitas.

Pengalaman Kedua

Setelah merasakan pengalaman pertama yang cukup membuahkan hasil. Kemudian saya mencoba untuk melakukan deposit pulsa all operator secara online yang cukup terkemuka di Indonesia. Dengan bantuan teman saya yang lebih dulu telah berjualan pulsa dengan penyedia jasa tersebut, saya kemudian mendaftarkan diri secara online pada website penyedia jasa tersebut.

Tidak pake lama dan tidak pake menunggu, saya kemudian mendapat sms konfirmasi dari pihak penyedia jasa tersebut. Dan kemudian saya melanjutkan membaca aturan main dan tata cara deposit serta transfer pulsa kepada pembeli. Setelah itu saya kemudian langsung mencoba deposit pulsa kemudian saya belajar lebih dalam lagi mengenai penyedia jasa tersebut dan juga cara strategi yang jitu.

Setelah berjualan selama beberapa hari, saya kemudian memahami beberapa hal yang menjadi keuntungan saya ketika saya memilih jasa penyedia pulsa all operator secara online, keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Proses transfer uang untuk deposit pulsa cukup mudah karena bisa melalui transfer ban, trasfer atm, dan yang lebih keren menggunakan internet banking.
2. Proses transfer pulsa kepada pembeli pulsa juga cukup mudah, karena selain melalui HP, pemesanan pulsa juga bisa melalui jaringan Yahoo Messenger, sehingga mudah dilakukan sambil saya online tanpa mengurangi jatah sms di HP saya.
3. Selain berjualan pulsa elektronik, penyedia jasa tersebut juga menyediakan produk lain berupa voucher game online, voucher token listrik prabayar, voucher TV prabayar, dan juga pembayaran PPOB rekening listrik pascabayar.
4. Seluruh proses transaksi harian bisa dicek ulang pada website penyedia jasa tersebut, sehingga bisa digunakan sebagai arsip data bila ada yang belum tercatat.

Dengan beberapa keuntungan tersebut, selain bisnis pulsa saya juga menyediakan bisnis bisnis yang lain seperti pada keuntungan nomer 3. Dan juga keuntungan yang lain adalah ketika provider yang saya gunakan sedang error, saya bisa memesan pulsa menggunakan YM alias Yahoo Messenger.

Cara Promosi Memanfaatkan Jasa Internet

Masalah promosi adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi banyak dan sedikitnya orderan pulsa kepada saya. Karena dalam penjualan pulsa saya saya tidak menggunakan metode persaingan harga, melainkan saya menggunakan metode persaingan kecepatan pengiriman pulsa, jasa layanan 24 jam, dan juga jasa boleh ngutang. Saya menggunakan metode tersebut karena dengan metode itu menghasilkan pembeli yang cukup signifikan, terutama dengan layanan 24 jam dan layanan boleh ngutang tersebut.

Selain dengan dua metode yang berbeda tersebut, saya juga lebih menggunakan jasa digital dalam penjualan pulsa saya. Yang dimaksud dengan jasa digital adalah saya melakukan promosi penjualan pulsa melalui facebook, YM, dan juga melalui jasa aplikasi WhatsApp yang ada di handphone android (pacar) saya. 

Dengan bantuan sarana digital tersebut, maka akan semakin memudahkan pengorderan pulsa selain dengan cara klasik yaitu bertemu langsung dan juga melalui sms atau telepon. Sehingga cukup dengan kirim pesan di FB, YM, WhatsApp pulsa langsung bisa saya kirim kepada pembeli.

Terima kasih dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Artikel ini hanyalah mengenai usaha kecil yang memanfaatkan jasa internet berdasarkan pengalaman saya selama ini. Jadi bila Anda memiliki usaha dan juga bisnis, jangan sungkan sungkan untuk memanfaatkan layanan internet untuk mengembangkan bisnis Anda.

Salam Sukses untuk Anda.


Melek Digital Untuk Startup Bussiness Blog Competition
Bersama Axis


Artikel Catatan si Boll Lainnya :

11 komentar:

  1. sekarang memang mulai banyak bisnis tradional yang mulai merambah ke online... saya rasa bisnis pulsa juga demikian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, di daerah jember sini saja ada penjual nasi goreng via online mas, jadi pesen tempat dan menu via online juga bisa

      bener2 sudah maju mas

      Delete
  2. Jadi inget temen saya dulu tahun 2009 buka juga jualan pulsa lewat internet malah bisa bayar pake paypal he he.
    Semoga sukses dan terus berinovasi untuk kemudahan pelanggan.
    Salam hangat selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ini malah ada yang siip lagi ternyata, beli pulsa pake paypal, keren abis deh mas temannya

      kira2 saya bisa juga begitu nggak ya ^^

      Delete
  3. sukses selalu mas.
    sekarang masih berlanjut bisnisnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas, sekarang masih lanjut kok bisnisnya

      lumayan buat tambahan uang jajan

      Delete
  4. Internet memberikan banyak kemudahan namun harus tetap hati2
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggeh pak dhe, selain positive content, negative content juga banyak di internet ^^

      Delete
  5. Saya sebenarnya juga sudah ditawarin untuk BISNIS Pulsa seperti yang sudah dilakonin oleh teman teman saya di kantor. Ada juga yang menawarkan kerja sama penjualan PULSA lewat website atau secara online, dan saya menjadi downline (dibawah) mereka. Downline atau upline nya. Nda tau deh sebutannya. Saya masih pikir pikir gabung tidak dengan bisnis seperti ini. Masih dipikirin dulu hiheiheiheiheiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah banyak yang jualan di sekitar kita, itu juga jadi masalah pak asep

      kalo emang cuman sedikit yg jualan sih oke oke saja, sehingga pasar kita juga lumayan banyak

      kalo memang ada peluang, tidak ada salahnya kok berjualan pulsa ^^

      selamat berbisnis

      Delete
  6. Cara baru bisnis pulsa menggunakan aplikasi Android. Download gratis aplikasi Pulsa Murah di Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.plugie.pulsamurah

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan komentar Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note :
1. Komentar dengan Link Hidup akan di delete.
2. Komentar saya moderasi untuk menghindari komentar yang tidak pantas

Scroll to top